3 Tips Membangun Bisnis Melalui Relasi

by cs_angpao78
0 comment

ANGPAO.ID 3 Tips Membangun Bisnis Melalui Relasi – Seperti yang kita ketahui bersama dalam dunia pekerjaan, relasi atau hubungan dengan orang lain sangatlah penting. Hal itu juga tentu berlaku untuk anda sebagai pengusaha yang memiliki tempat usaha. Siapa yang anda kenal tentu turut ambil bagian besar dalam kemajuan bisnis anda. Salah satu lembaga survei di Amerika Serikat mendapatkan bahwa satu dari lima usaha kecil memprioritaskan membangun jaringan terlebih dahulu saat pertama terjun ke dalam dunia bisnis. Ini adalah salah satu strategi dalam bisnis yang sudah banyak dilakukan oleh entrepreneur di Indonesia.

Biasanya untuk membangun jaringan, perusahaan-perusahaan memanfaatkan pameran, seminar atau kegiatan apapun yang mendapatkan banyak perhatian massa. Tapi apakah jaringan yang anda dapatkan melalui event tersebut efektif untuk bisnis anda? Berikut 3 Tips Membangun Bisnis Melalui Relasi  untuk membantu anda membangun relasi atau jaringan sosial yang efektif untuk bisnis anda.

1. Memiliki Rencana

Dalam setiap pameran, seminar atau acara – acara publik, hendaknya anda mengetahui target pengunjung anda. Jika anda tidak tahu siapa yang akan berada di sana, buatlah daftar prioritas untuk memulai membangun relasi dari mana. Tapi ingatlah, ada kalanya koneksi kecil dapat menyebabkan hal-hal besar, pilihlah yang berkualitas.

2. Manfaatkan Media Sosial

Kita hidup di jaman di mana jarak dan waktu dapat direkayasa, sehingga kejadian yang ratusan ribu kilometer jauhnya dapat kita ketahui saat itu juga secara real time. Dengan men-share segala kegiatan bisnis anda di media sosial, anda akan mudah mendapatkan umpan balik dari orang lain.  Bisnis anda akan lebih cepat tersebar dari mulut ke mulut, yang merupakan cara penyebaran alami namun sangat efektif. Gunakan sosial media seperti linkedin, twitter , Instagram dan facebook untuk mendapatkan perhatian massa.

3. Selalu “Follow up”

Meskipun Anda mungkin telah membuat kesan yang besar pada orang yang Anda baru saja bertemu, anda, namun mungkin tidak pernah mendengar dari dia lagi jika Anda tidak follow up atau menindaklanjuti hasil pembicaraan anda sebelumnya. Jadi sebaiknya mintalah kontak yang bisa dihubungi dari orang-orang yang tertarik pada penawaran anda. Bisa berupa email, nomor telepon, WA, pin BB, kontak facebook, linkedin dan sebagainya. Usahakan setidaknya anda tahu dan bisa menghubungi orang tersebut dimana. Karena terkadang orang yang tertarik pada penawaran anda sebelumnya dapat berubah pikiran setiap saat. Simpanlah dan kelola dengan baik data kontak mereka, karena data tersebut sangatlah penting.

Demikianlah tadi 3 Tips Membangun Bisnis Melalui Relasi yang bisa anda jadikan referensi strategi dalam usaha membangun dan mengembangkan bisnis anda. Semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba, dan salam sukses selalu !!

Related Posts

Leave a Comment