Beberapa Hal Yang Bisa Kita Ambil Dari Dongeng Bawang Merah Dan Bawang Putih

by cs_angpao78
0 comment

Siapa yang tidak tahu dengan cerita bawang merah dan juga bawang putih ? . semua orang tentunya tahu dengan salah satu dongeng dari sekian banyak dongeng yang populer. Disisi lain dari beragam cerita rakyat atau mana pun pasti memiliki pesan atau hal yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari – hari. Perlu kamu tahu juga bahwa dongeng bawang merah bawang putih memiliki makna serta makna yang sangat kuat di dalamnya.

Sedikit cerita dalam dongeng ini mengisahkan seorang wanita yang bernama bawang putih memiliki hati yang sangat baik sekali, namun disisi lain dia juga mengalami kesedihan yang begitu dalam karena orang tuanya harus meninggal dunia serta dia terpaksa untuk tinggal bersama ibu tiri dan saudara tirinya yang bernama bawang merah.

Berbeda dengan sifat dari bawang putih, bahwa ibu tiri dan anaknya memiliki sifat terbalik dari bawang putih. Selain memiliki sifat yang jahat dan serakah mereka juga selalu menyakiti bawang putih yang baik hati tersebut selama tinggal bersama dengan ibu tiri dan anaknya. Apa kamu ingin tahu apa kelanjutan di ceritanya ? maka kamu harus baca dongeng bawang merah  bawang putih yang kini bisa kamu baca di media internet.

Di sisi lain, dalam kehidupan mayarakat pun tentunya ada beberapa yang mengalami cerita yang hampir serupa dengan kisah di atas tadi. Nah demikian bahwa cerita tersebut juga bukan hanya sebagai cerita fiksi saja namun bisa juga terjadi di kehidupan nyata. Akan tetapi dari cerita tersebut banyak sekali pelajaran yang mesti kita renungi bersama pastinya.

Beberapa Amanat yang bisa kita ambil dari cerita tersebut berikut akan di ulas untuk kamu.

  • Kita harus terus berusaha sekuat mungkin walaupun kita sendiri berada di posisi yang tidak memungkinkan. Nah hal tersebut dibuktikan dari dongeng bawang merah bawang putih dari sisi peran bawang putih yang selalu selesai dalam melakukan pekerjaannya walaupun disisi lain baik Ibu maupun saudara tirinya memberikan pekerjaan yang tidak ada akhirnya.
  • Walaupun tidak memiliki hubungan sedarah bukan berarti kita tidak boleh adil dalam hal apapun namun sebaliknya walaupun demikian kita mesti adil serta menyayangi keluarga walaupun tidak sedarahpun. Hal tersebut juga dibuktikan bahwa Ibu tirinya selalu bertindak seenaknya terhadap anak tirinya yaitu bahwang putih.
  • Selalu patuh dan menuruti apa yang dikatakan orang tua. Hal tersebut ada pada cerita yang satu ini bahwa ketika Ibu tirinya memberikan perintah kepada bawang putih untuk mencari pakaiannya serta tidak boleh pulang jika dia belum menemukan pakaian tersebut.
  • Bertanggung jawab. Ketika kita diberikan amanat oleh siapapun tentunya kita harus bertanggung jawab atas apa yang diamanatkan. Hal tersebut terbukti bahwa di poin sebelumnya bawang putih di suruh untuk menemukan pakaiannya dan bawang putih terus mencarinya walaupun sudah hanyut ke sungai agar bisa pulang.
  • Ketika kamu berusaha pasti semua tetap ada hasilnya. Seperti yang kita tahu bahwa bawang putih memiliki hati yang baik dan juga tetap sabar walaupun dirinya di perlakukan tidak baik oleh ibu dan juga saudara tirinya.  Bawang putih mendapatkan hasil yang baik namun berbeda dengan ibu dan saudara tirinya mendapatkan hukuman yang sesuai apa yang dilakukannya terhadap bawang putih.

Nah mungkin itulah beberapa hal yang dapat kita ambil di dalam dongeng bawang merah bawang putih. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin tahu apa sih yang bisa kita ambil dari dongeng tersebut.

Related Posts