Rawat Wajah dengan 5 Tips untuk Mencegah Tumbuhnya Jerawat

by cs_angpao78
0 comment

Munculnya jerawat menjadi hal menyebalkan yang terjadi pada setiap orang. Jerawat akan membuat tekstur wajah tidak menarik dan membuat hasil rias tidak sempurna karena riasan tersebut tidak bisa menutup secara merata bagian wajah.

 

5 Langkah Perawatan Agar Wajah Tetap Bersih dan Terbebas dari Jerawat

 

Ikuti tips berikut ini untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah.

 

Bersihkan Tangan Sebelum Menyentuh Wajah

Sebelum menghapus dan mengaplikasikan rias, sebaiknya bersihkan tangan terlebih dahulu. Kotoran yang menempel pada tangan akan ikut terbawa riasan sehingga menyebabkan pori-pori tertutup dan mengakibatkan munculnya jerawat.

Gunakan sabun antiseptik untuk mencegah berpindahnya kotoran, kuman dan bakteri ke dalam kulit wajah. Pastikan juga kuku sudah bersih dan higienis. Biasakan untuk selalu mencuci tangan agar terhindar masalah kulit lainnya.

 

Rutin Membersihkan Wajah

Gunakan double cleanser untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Kulit yang bersih dari make-up, kotoran, debu dan bakteri akan meminimalisir pertumbuhan jerawat.

Bersihkan wajah dengan pembersih make up, toner penyegar kemudian tutup dengan cuci muka dengan facial foam.

Rutin membersihkan wajah selain menghindari timbulnya jerawat juga akan membuat kulit lebih bersih dan cerah. Minimal bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Jika bepergian ke tempat-tempat umum, pastikan untuk mencuci wajah ketika sampai di rumah.

 

Gaya Hidup yang Sehat

Mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki gizi seimbang, seperti gorengan, makanan manis, minuman bersoda dan junk food akan berakibat buruk pada kesehatan kulit. Lakukan olahraga rutin untuk menjaga kulit tetap kencang.

Makan makanan yang mengandung air dan berserat tinggi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Ini akan membantu menjaga kulit tetap sehat dari dalam. Hindari begadang karena akan membuat kondisi wajah makin buruk. Minum air putih 8 gelas sehari atau lebih untuk menjaga kelembapan kulit.

 

Lakukan Scrubbing Jika Diperlukan

Storie.id menyebutkan bahwa scrubbing merupakan proses perawatan kulit yang memicu pertumbuhan regenerasi sel kulit baru sekaligus mengangkat sel kulit mati berikut kotorannya. Lakukan scrubbing satu minggu sekali atau dua kali sebulan agar kulit tidak iritasi.

Pembersihan dengan scrubbing akan mengangkat kotoran, sisa make-up dan kulit mati secara menyeluruh. Sehingga pori-pori akan lebih bersih dan jerawat bisa dihindari. Selain itu, scrubbing juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih.

 

Jaga Kelembapan Wajah

Wajah yang terlalu berminyak akan menyebabkan munculnya jerawat, kulit yang terlalu kering akan membuat wajah kusam. Selalu jaga kelembapan kulit agar terhindar dari berbagai macam masalah kulit. Bila perlu gunakan pelembab untuk mengunci air dalam kulit.

Selalu gunakan tabir surya apabila hendak ke luar ruangan. Tabir surya akan membantu wajah menjaga diri dari serangan cahaya matahari, kotoran dan debu yang menempel. Pilihlah produk kosmetik anti jerawat atau nonkomedogenik.

Lakukanlah rangkaian langkah-langkah tersebut untuk menghindari kulit wajah dari jerawat. Menjaga kesehatan dan kelembapan kulit merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang, agar rias wajah bisa diaplikasikan secara maksimal dan dapat menunjang penampilan.

 

Related Posts