4 Kandungan Jambu Biji Merah dan 14 Khasiat Daunnya

by cs_angpao78
0 comment

Jambu biji merah atau biasa disebut jambu batu, klutuk dan siki ternyata banyak memiliki kandungan gizi dan vidamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan daunnya pun ternyata banyak memiliki khasiat bagi kesehatan.

Jambu batu yang mempunyai nama latin Psidium guajava merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil kemudian disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Memiliki kulit buah berwarna hijau hingga kekuningan dengan daging berwarna putih dan merah, jambu batu memiliki rasa manis yang khas.

Jambu biji merah yang kaya akan kandungan vitamin C  ternyata bisa menjadi antioksidan juga. Buah ini juga meiliki kandungan  asam folat dan banyak lagi.

Dalam sebuah studi, vitamin C yang terkandung di buah jambu biji  merah 4 kali lebih besar dari buah jeruk.

Berikut macam-macam kandungan gizi dari Jambu biji merah:

Antioksidan

Buah ini memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang sangat berperan dalam antibody bagi tubuh. Bahkan, Daun nya pun memiliki kandungan antioksidan ini.

Fitonutrein

Membantu memenuhi kebutuhan vitamin (terutama vitamin A) dan juga memicu kematian sel kanker. Fitonutrein juga bermanfaat bagi kesehatan mata.

Vitamin A

jambu biji merah memiliki kandungan vitamin A yg baik bagi kesehatan Mata, membuat kulit tetap sehat,mencegah penyakit  jantung dan dapat merawat sel dalam tubuh.

Vitamin C

Memiliki kandungan Vitamin C yang berlimbah, tentunya buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, baik dimakan langsung atau diolah sebagai minuman.

Vitamin C sendiri berkhasiat menjaga  kesehatan pembuluh darah, membantu menyenbuhkan bekas luka, meningkatkan fungsi otak dan menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut.

Selain itu, Vitamin C membantu tubuh saat menyerap zat besi dan meningkatkan kolagen tempat dimana sel-sel dibentuk.

Tak hanya buahnya saja, ternyata daun dari jambu biji merah juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Berikut Manfaat Daun jambu biji merah:

Melawan Kanker

Daun ini mengandung zat lycopene antioksidan dalam jumlah tinggi yang dapat membantu melawan sel kanker. Terutama kanker payudara, prostat dan mulut.

Menurunkan Kolesterol

Nutrition and Metabolism dalam studinya menyatakan para koresponden setelah setelah 8 minggu meminum olahan daun ini kadar kolestrol mereka menurun.

Mencegah Diare

Daun ini bila diekstak ternyata dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Cara membuatnya pun mudah, cukup dengan memasukan daun dan akarnya ke dalam secangkir air mendidih, kemudian saring airnya. Minumlah dengan keadaan perut kosong.

Mencegah Obesitas

Banyak orang melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Masalah obesitas ini biasanya disebabkan karbohidrat yang berlebih yang kemudian berubah menjadi gula. dan daun ini bisa menjadi soulis karena dapat mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula.

Menghilangkan Jerawat

Daun ini ternyata bila diramu bisa membantu menghilangkan jerawat. Caranya dengan menumbuk daun sampai halus dan oleskan pada jerawat.

Rambut Rontok

Rambut rontok memang salah satu gejala yang paling ditakuti bagi setiap orang. Cukup dengan Rebus daun kemudian pijatkan di kulit kepala.  pastikan airnya sudah dingin sebelum digunakan untuk kulit kepala.

Obat Diabetes

Daun ini memiliki serat tinggi  yang dapat melawan diabetes dan meperlambat penyerapan gula dalam darah.

Mengobati Sakit Gigi dan Sariawan

Cukup dengan mengunyah daun ini namun jangan ditelan, akan menyembuhan sakit gigi dan sariawan Gastrointestinal

Gastrointestinal merupakan muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung dan usus. Daun ini mengurangi produksi lendir ekstra yang mengiritasi sistem pencernaan.

Daun ini juga mencegah  pertumbuhan mikroba dalam usus.

Baik untuk otak

Daun ini kaya citamin b3 (niasin) dan vitamin B6 (Piridoksin) yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Bahkan, bisa merangsang fungsi kognitif dan menenangkan saraf.

Masalah Sembelit

Kaya akan serat, Tidak heran jika daun ini  membantu memnyembuhkan masalah buang air besar atau sembelit.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Agar terhindar dari penyakit, yang utama adalah memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Daun ini ternyata mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi risiko terserang berbagai macam penyakit.

Menyehatkan Jantung

Kesehatan jantung tidak bisa kita sepelekan, daun ini ternyata sangan bermanfaat bagi kesehatan jantung dan darah.

Semoga tuhan selalu memberikan kesehatan bagi semua umatnya.

Sumber : https://fokusjabar.id/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts