4 Tips Usaha Modal Kecil Bagi Para UMKM

by Evan Mulyana
0 comment

ANGPAO.ID – 4 Tips Usaha Modal Kecil Bagi Para UMKM Bagi kalian semua yang saat ini sedang memikirkan sebuah usaha yang membutuhkan modal kecil maka salah satu hal yang yang harus kamu lakukan yaitu menggali beberapa sumber dana yang nantinya dapat dijadikan sebagai modal usaha dimana pada tahap pra usaha tersebut, kemungkinan besar kalian tidak bisa memanfaatkan perbankan sebagai sumber modal usaha dikarenakan perbankan memberikan syarat apabila usaha haruslah minimal berumur 2 tahun untuk dapat memperoleh pembiayaan. Maka melihat masalah tersebut, hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin menjadi seorang UMKM yang benar-benar mandiri yaitu harus bisa menggali sumber dana di luar perbankan.

Setelah kalian memperhatikan masalah dana tersebut, maka dibawah ini ada 4 tips usaha modal kecil bagi para UMKM yang memang ingin Mandiri tanpa ketergantungan kepada perbankan. Ada beberapa sumber modal usaha selain anda meminjam kepada bank diantaranya adalah, menggunakan tabungan pribadi, menjual aset yang kalian miliki, meminjam kepada teman ataupun saudara yang memang mempunyai uang, memanfaatkan jasa Pegadaian. Pada umumnya sebuah usaha terutama UMKM akan terbelenggu terhadap modal, akan tetapi tidak harus bermodalkan melalui perbankan namun kalian bisa menggunakan sumber dana di luar perbankan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan anda semua yang memang ingin membuat sebuah usaha tanpa harus meminjam kepada bank dimana anda bisa menggunakan kan modal usaha dari sumber yang dapat anda temukan seperti yang telah kami sebut di atas misalnya saja dengan menggunakan tabungan pribadi, meminjam kepada orang yang yang dekat dengan anda, ada sampai memanfaatkan Pegadaian dikarenakan hal ini bisa menjadi modal awal Ketika anda ingin menjadi seorang pengusaha.

4 Tips Usaha Modal Kecil Bagi Para UMKM

Di bawah ini ada sebanyak 4 tips usaha modal kecil bagi para UMKM yang memang ingin merintis usaha akan tetapi untuk resiko kerugian bisa teratasi dengan baik. maka sangat direkomendasikan untuk anda semua melakukan 4 hal tersebut.

Memilih jenis usaha yang tepat

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika ingin menjadi seorang UMKM dengan modal yang kecil, yaitu dengan memilih jenis usaha yang benar-benar tepat, dengan cara terus menggali ide peluang usaha modal kecil dikarenakan tidak sedikit orang yang memulai usaha menggunakan modal kecil dengan skala bisnis kecil akan tetapi bisa sukses menjadi perusahaan yang sangat besar.

Memperkecil skala usaha

Selanjutnya hal yang harus anda lakukan ketika ingin menjadi seorang pengusaha UMKM akan tetapi dengan modal kecil yaitu terlebih dahulu membuat rencana bisnis, dikarenakan hal ini bisa memperkecil skala usaha yang sudah anda rencanakan. Salah satu hal yang harus anda perhatikan yaitu tidak boleh Gengsi terhadap usaha yang akan anda buka, anda bisa menganggap jika usaha tersebut merupakan sebuah latihan yang harus dijalani dengan serius dikarenakan setiap usaha dipastikan akan ada hambatan dan rintangan sehingga hal ini harus dipikirkan oleh anda.

Meminimalisir biaya

Tips ketiga yang harus anda lakukan supaya sukses menjadi seorang UMKM dengan modal kecil yaitu melakukan identifikasi dikarenakan hal ini menjadi sebuah bagian dari sebuah usaha supaya tidak memakan biaya besar. Kalian bisa melakukan identifikasi mulai dari beberapa biaya yang nantinya harus dibeli dengan biaya besar sampai biaya terkecil, selanjutnya langsung dipikirkan lebih matang untuk memilih solusi agar biaya yang harus anda keluarkan lebih kecil akan tetapi usaha anda bisa dibuka.

Mendapatkan cash flow di muka

Salah satu cara untuk usaha modal kecil yaitu mencari kesumen yang mau membayar di muka lebih dahulu dan biasanya ada saja dari para konsumen yang memang ingin membayar terlebih dahulu selanjutnya anda kerjakan. Salah satu pembayaran cash flow di muka yaitu sistem deposit, sistem membership, dan sistem pre order.

Itulah pembahasan kami tentang 4 Tips Usaha Modal Kecil Bagi Para UMKM , semoga artikel yang kami bahas pada hari ini bisa menjadi referensi untuk anda semua dan kami ucapkan selamat mencoba.

Related Posts