5 Masalah UMKM dan Solusinya Tahun 2019

by Evan Mulyana
0 comment

ANGPAO.ID – 5 Masalah UMKM dan Solusinya Tahun 2019 Tidak bisa dipungkiri apabila para pengusaha mikro kecil dan menengah atau UMKM adalah mereka yang mempunyai peran yang sangat penting untuk perekonomian di Indonesia di dalam sebuah kajian yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik apabila kontribusi UMKM untuk perekonomian di Indonesia mencapai 61% dari PDB, dengan hal tersebut bisa disimpulkan, apabila UMKM bisa menjadi penyokong keberhasilan pemerintah di sektor industri perdagangan dan perekonomian. Namun Sangat disayangkan, apabila bagi para pengusaha UMKM sendiri ternyata sampai saat ini terdapat beberapa apa masalah utama yang mereka hadapi dan oleh karena itu pada artikel kali ini, kami akan membahas 5 masalah UMKM dan solusi yang bisa dilakukan.

Sebanyak 5 masalah UMKM dan solusi terbaru di tahun 2019 yang biasa dihadapi oleh para pengusaha yang harus diketahui oleh anda semua supaya mendapat inspirasi dan solusi dikarenakan walaupun masyarakat di Indonesia termasuk pejabat pemerintah mereka sangat memahami Bagaimana pentingnya sebuah UMKM dalam perekonomian bangsa ini, akan tetapi sampai sekarang masih terdapat beberapa permasalahan utama dari para pengusaha UKM yang membuat mereka sulit berkembang dimana permasalahan tersebut tidak jauh dari beberapa faktor seperti modal usaha, sampai masalah administrasi keuangan dan legalitas.

5 Masalah UMKM dan Solusinya Tahun 2019

Di bawah ini ada beberapa permasalahan para pengusaha UMKM Dan solusi yang bisa anda ketahui, supaya permasalahan tersebut dapat teratasi tanpa harus ada campur tangan dari pemerintah, dikarenakan kemandirian UMKM memang selama ini menjadi modal yang sangat penting.

Modal usaha dan investasi

Masalah pertama yang biasa dihadapi oleh para pengusaha UMKM yaitu di kala mereka kesusahan untuk menemukan modal usaha dan juga menemukan Para investor untuk memberikan keuangan bagi usaha mereka. Pengusaha UMKM sama dengan pengusaha besar di mana untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis memang tidak luput dari butuhnya dana untuk modal usaha dan investasi yang cukup akan tetapi kebanyakan dari para UMKM tidak dapat memperoleh kredit usaha atau investasi dikarenakan tidak mempunyai aset yang dijadikan sebagai jaminan kredit sehingga hal ini menjadi sesuatu permasalahan bagi para UMKM.

Untuk solusinya sendiri dari permasalahan modal usaha yaitu tidak adanya aset yang mempunyai nilai sebagai jaminan kredit maka anda bisa mengatasinya dengan mengikuti kredit usaha rakyat atau kur mikro dengan bunga yang sangat rendah dan tanpa agunan. Untuk kur mikro sendiri mempunyai nilai kredit maksimal Rp25 juta dengan waktu pinjaman selama 3 tahun atau sekitar 36 bulan dan dapat diperpanjang sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk kur mikro sendiri yang menyediakan adalah bank BRI, bank Mandiri dan Bank BNI.

Pemasaran

Masalah kedua yang biasa dihadapi oleh para pengusaha UMKM yaitu masalah pemasaran dikarenakan mereka mempunyai keterbatasan ruang dan waktu untuk memasarkan produk yang dijual.

Solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pemasaran tersebut yaitu dengan mengikuti berbagai pameran yang sudah dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan supaya bisa mengembangkan jaringan dan mendapatkan pelanggan baru dan anda pun bisa membuat sebuah website dengan brand UMKM anda, atau solusi yang paling murah Anda bisa mempromosikan barang anda di medsos.

Pengetahuan

Pengusaha UMKM terkadang dijalankan oleh sumber daya manusia yang memang terbatas di mana keterbatasan tersebut salah satunya adalah soal pengetahuan terhadap bisnis dan ekonomi sehingga dengan adanya pengetahuan yang minim terkadang membuat usaha mereka tidak bisa berkembang dengan sempurna, sehingga untuk solusi yang dapat dilakukan dalam permasalahan pengetahuan tersebut yaitu dengan melakukan konsultasi dengan beberapa instansi pemerintah terkait seperti Kementerian Perdagangan atau kementerian perindustrian, atau anda pun bisa membaca di beberapa website yang membahas Bagaimana peluang bisnis UMKM dikarenakan biasanya terdapat tips dan ilmu yang bisa anda dapatkan.

Brand

Masalah selanjutnya yaitu masalah branding dimana masalah ini adalah masalah yang sangat penting ketika seorang pengusaha UMKM mengalami masalah branding maka mereka Sepertinya harus bersabar dikarenakan untuk mengenalkan sebuah brand atau merek dagang yang anda miliki memang tidaklah mudah dan tidak bisa dilakukan secara instan Karena Anda harus melakukan banyak usaha dan strategi bisnis secara kontinyu supaya bisa mengenalkan kepada masyarakat jika anda mempunyai sebuah bisnis.

Solusi untuk permasalahan branding ini yaitu dengan cara mengikuti pelatihan dan dan mempelajari strategi branding melalui website ataupun mentor usaha.

Administrasi keuangan dan legalitas

Masalah terakhir yang biasa dihadapi oleh para pengusaha UMKM yaitu permasalahan administrasi keuangan yang memang terkadang jarang dilakukan oleh UMKM sehingga pada Artikel kami sebelumnya sudah membahas jika penting bagi UMKM untuk melakukan pembukuan baik secara online maupun offline untuk usaha mereka dan hal ini bisa menjadi solusi bagi anda semua. Selanjutnya masalah legalitas dikarenakan menjadi masalah yang sangat krusial dikala sebuah usaha harus sangat jelas supaya mendapatkan kredit bisa melakukan ekspor impor dan lainnya maka solusi yang paling tepat selain Anda harus menanganinya dengan melakukan pencatatan keuangan dan untuk masalah legal anda bisa mendelegasikan tugas tersebut kepada orang yang memang ada di pemerintah supaya mengesahkan usaha yang anda miliki.

Related Posts