5 Penyebab Susah Diterima Kerja yang Wajib Diketahui

Menganggur memang menjadi hal yang paling ditakutkan kebanyakan orang. Apalagi ketika harus menjawab pertanyaan keluarga dan para tetangga. Meski sudah mencoba melamar ke berbagai perusahaan, tetapi hasilnya selalu nihil. Alasannya? Karena banyak orang tidak mengetahui penyebab susah diterima kerja, terutama para fresh graduate.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang susah diterima kerja. Bahkan hanya sekedar mendapatkan panggilan wawancara. Beberapa berikut beberapa alasan mengapa seseorang susah untuk diterima di suatu pekerjaan yang perlu diketahui. Apa saja? Mari simak penjelasan di bawah ini:

1. Surat Lamaran Yang Tidak Menarik

Hal yang paling utama dilihat seorang HRD untuk mengenali calon karyawan yaitu dengan melihat surat lamaran kerja. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa semua dokumen sebelum dikirim ke perusahaan. Buatlah surat lamaran dan CV sebaik mungkin dengan melihat contoh di https://sickforprofit.com/contoh-surat-lamaran-kerja/.

2. Tidak Memenuhi Kualifikasi

Jangan buang-buang waktu dan uang hanya untuk mengirim surat lamaran kerja di perusahaan yang tidak memenuhi kualifikasi pada diri. Sudah tentu itu menjadi salah satu penyebab susah diterima kerja paling utama.

Di era persaingan yang semakin ketat dalam dunia kerja, HRD pasti akan sangat selektif untuk mencari calon pekerja. Khususnya memilih dari yang memenuhi kualifikasi yang sudah ditetapkan perusahaan. Apalagi jika belum memiliki pengalaman.

3. Belum Ada Pengalaman

Pengalaman bukan menjadi masalah dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Bahkan di perusahaan bonafit sekalipun. Mau tau caranya? Simak beberapa cara jitu berikut:

  • Cari tahu terlebih dahulu syarat dari perusahaan yang ingin dimasukkan lamaran kerja.
  • Penting! Pahami prosedur cara mengirimkan surat lamaran. Entah dengan kantor pos, Lewat BKK sekolahan, sebuah yayasan penyalur kerja atau dikirim langsung ke satpam.
  • Setelah mengetahui syarat tersebut dan sesuai dengan kualifikasi diri, maka buatlah surat lamaran kerja semenarik mungkin. Memasukkan pengalaman organisasi dan skill yang dimiliki. Oleh sebab itu, ikuti beberapa organisasi dan tingkatkan skill non akademis untuk memberi kemudahan diterima kerja meski belum ada pengalaman.
  • Berpikir positif dan terus berdoa. Keyakinan diri seringkali membuahkan hasil yang baik.

4. Kesalahan Ketika Tes Dan Wawancara Kerja

Hampir semua perusahaan terutama yang bergaji besar, pasti melakukan seleksi yang ketat dalam mencari karyawan. Penting untuk para pencaker mempelajari teknik dalam menjawab tes dan wawancara kerja. Bisa dengan membaca buku atau artikel online yang banyak bertebaran.

Hal itu akan sangat membantu mempermudah memberikan jawaban pada HRD yang sering kali menjebak. Kendati demikian merupakan cara perusahaan mengetes kepribadian, loyalitas, dan skill yang dimiliki calon karyawan.

5. Terlalu Pemilih

Menjadi pemilih bukan suatu masalah bila para pencari kerja benar-benar memiliki kelayakan dalam sebuah jabatan yang diimpikan. Bagaimana jika tidak? Apa akan terus menjadi pengangguran. Konsisten adalah kunci menuju kemahiran dan professional.

Itulah beberapa penyebab susah diterima kerja di sebuah perusahaan yang perlu diketahui. penting bagi pencari kerja mengetahui 5 hal tersebut agar segera dapat diterima kerja di perusahaan yang diinginkan.

error: Content is protected !!