5 Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Yang Dijamin Jitu

ANGPAO.ID – 5 Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Yang Dijamin Jitu Bagi anda semua para pebisnis UMKM yang ingin mengembangkan bisnis anda, maka pada artikel kali ini kami akan sedikit mengupas bagaimana strategi pengembangan bisnis UMKM yang dijamin gitu apabila seluruhnya Anda lakukan dan dan anda baca terlebih dahulu dengan seksama. Harus anda ketahui apabila bisnis UMKM adalah salah satu bisnis yang mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dengan beberapa usaha lain dan termasuk salah satu hal yang sangat unik jika dibandingkan dengan bisnis besar.

Untuk masalah strategi pengembangan bisnis UMKM maka dipastikan sedikit berbeda dengan bisnis besar dikarenakan UMKM seringkali mempunyai sumber daya keuangan dan sumber daya manusia yang jauh lebih terbatas jika dibandingkan usaha besar selanjutnya di sisi yang lain, uMKM harus mampu bersaing dan beradaptasi dengan dunia bisnis yang memang selalu berubah dan dinamis, oleh karena itu bagi anda semua yang menjadi pembisnis UMKM haruslah rajin membaca peluang pengembangan untuk bisnis yang Anda jalani.

Walaupun bisnis UMKM terkadang terkendala dalam masalah keuangan dan juga strategi pengembangan, akan tetapi Ketika anda tepat dalam melakukan strategi bisnis maka dipastikan usaha anda akan semakin maju dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu, artikel yang akan kami tulis di bawah ini bisa menjadi sebuah referensi bagi anda semua para pembisnis UMKM di manapun berada.

Strategi Pengembangan Bisnis UMKM

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan dalam strategi pengembangan bisnis UMKM yang pastinya harus anda geluti dengan penuh semangat dan melakukannya dengan tepat. Untuk strateginya sendiri adalah sebagai berikut:

1. Melakukan promosi melalui pameran pemerintah

Pameran yang biasanya ramai diikuti oleh beberapa pengusaha UMKM yang dilakukan oleh pemerintah hal ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk anda semua dalam memperkenalkan suatu produk ataupun jasa kepada masyarakat. Maka ketika ada promosi pameran pemerintah sangat direkomendasikan untuk Anda ikuti, salah satunya pemerintah sudah memberikan fasilitas kepada seluruh UMK di Indonesia untuk melakukan promosi dengan daftar gratis seperti Indonesia furniture Expo, inacraft, agrofood Expo, dan beberapa pameran lainnya.

2. Membuat website

Selanjutnya pengembangan bisnis UMKM di era global seperti sekarang ini yaitu tidak bisa jauh dengan dunia internet dan oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk membuat sebuah website dengan nama anda sendiri sebagai brand UMKM. Memperkenalkan beberapa hasil karya yang ada jual di website, maka hal ini akan memberikan sebuah perkembangan bisnis yang sangat bagus apalagi ketika website anda mempunyai nama dengan brand UMKM yang anda miliki.

3. Memaksimalkan media sosial

Bagi anda semua yang ingin gratis tanpa harus membuat website dikarenakan untuk Website sendiri Anda harus membeli domain dan hosting maka langkah yang bisa Anda coba yaitu dengan memaksimalkan media sosial dimana dengan media sosial tersebut anda dapat memperkenalkan produk UMKM kepada para netizen yang belum mengetahuinya.

Anda bisa membuat akun Instagram, youTube sampai Facebook dan Selanjutnya silakan Anda memposting produk yang Anda jual dan sangat direkomendasikan Anda bisa memberikan harga yang tidak begitu mahal ataupun Anda bisa memikat para konsumen dengan penjualan online dari produk yang anda miliki.

4. Memanfaatkan KUR dan LPDB

Kredit usaha rakyat dan lembaga pembiayaan dana bergulir atau yang dikenal dengan kur dan lpdb merupakan sebuah sarana bagi anda semua untuk mengembangkan perusahaan UMKM terutama untuk masalah modal. Salah satu hal dari kelebihan kur untuk UMKM yaitu bunganya yang sangat ringan dengan perkiraan 7% pertahun atau sekitar 0,4 persen per bulan. Persyaratan untuk kur dan lpdb relatif sangat longgar yaitu dengan syarat anda sudah menjalani usaha lebih dari 6 bulan, tidak mempunyai kredit lain selain kredit konsumtif, mempunyai izin usaha, mempunyai dokumen administratif lain seperti kartu keluarga, namun untuk kekurangan kur yaitu pinjaman yang tidak besar dan relatif kecil.

Selanjutnya lpdb adalah pembiayaan dengan skema dana bergulir yang disalurkan oleh beberapa koperasi, si antara dan modal ventura yang menjadi Mitra lpdb. Biasanya Ketika anda meminjam modal di lpdb maka anda diharuskan mempunyai beberapa persyaratan yang sedikit lebih rumit diantaranya adalah proposal pengajuan pinjaman, lampiran rincian kebutuhan modal, bukti status kantor, akta pendirian UMKM, dan laporan keuangan usaha. Akan tetapi untuk lpdb mempunyai kelebihan yaitu untuk masalah pinjaman jauh lebih besar mencapai 1 miliar.

5. Mengembangkan jaringan

Selanjutnya cara terakhir untuk strategi pengembangan bisnis UMKM yang dijamin jitu yaitu anda haruslah mengembangkan jaringan baik secara offline maupun online dan anda pun harus bergaul dengan beberapa pengusaha lain dan saling sharing terkait bisnis. Sebetulnya di zaman sekarang ini banyak sekali cara untuk mengembangkan jaringan bisnis seperti anda Mengikuti berbagai organisasi bisnis, rajin mengikuti pameran dan anda pun haruslah rajin interaksi di forum bisnis di i musiknternet.

error: Content is protected !!