7 Karakteristik Pengusaha Sukses

by cs_angpao78
0 comment

ANGPAO.ID – 7 Karakteristik Pengusaha Sukses – Terlepas dari apa definisi sukses menurut anda, ternyata ada karakteristik umum yang dimiliki oleh pengusaha sukses di dunia bisnis. Pada tulisan kali ini kami akan mengajak anda untuk melihat apa yang dimiliki oleh orang-orang yang sudah lebih dulu sukses di dunia bisnis. Mungkin beberapa poin di bawah ini belum anda miliki. Namun, kesemuanya itu dapat anda pelajari dan lakukan, bila anda mau!

Dalam aktifitas apapun yang anda lakukan dalam kegiatan anda sehari-hari, semuanya pasti memiliki keharusan tertentu agar kegiatan itu bisa terlaksana dengan baik. Untuk mengendarai kendaraan di jalan raya kita membutuhkan SIM. Untuk berhasil dalam olahraga kita mesti tekun berlatih. Untuk pensiun dengan nyaman, kita harus aktif dalam berinvestasi. Begitu juga untuk sukses dalam bisnis, memiliki cara yang tidak begitu berbeda dengan hal-hal yang sudah di sebutkan tadi.

Berikut adalah beberapa Karakteristik Pengusaha Sukses, diantaranya:

1. Berbisnis dari Hobi anda

Apapun yang anda sukai, jadikan itu bisnis! Jika anda suka berkebun, bukalah toko tanaman hias dan perlengkapannya. Jika memiliki kemampuan dalam bermusik, bukalah tempat kursus musik. Jika anda kolektor barang antik, jadikan barang koleksi anda menghasilkan dengan memajang dan melelangnya. Apapun bisnis yang anda akan tekuni, berangkatlah dari hobi anda. Ini akan membuat anda mencintai bisnis anda

2. Lakukan dengan Serius

Jika anda sudah memutuskan untuk menekuni suatu bidang bisnis, lakukan hal itu dengan keseriusan. Banyak pengusaha akhirnya gulung tikar hanya karena mereka tidak serius menjalankan bisnisnya dan berbisnis “apa adanya”

3. Buatlah Perencanaan dengan Matang

Rencanakanlah segala sesuatu yang anda akan buat. Buatlah planing dan schedule untuk seluruh kegiatan anda. Pisahkan kepentingan bisnis dengan kepentingan pribadi. Setelah itu, sebisa mungkin untuk mentaati schedule yang anda buat tadi. Ini akan sangat mengefisienkan wajtu anda.

4. Kelola Uang anda dengan Bijaksana

Nyawa dari setiap perusahaan bisnis adalah arus kas. Anda harus membeli perlengkapan berbisnis anda, membayar pegawai, mempromosikan bisnis, biaya perawatan, dan membayar diri anda sendiri. Semuanya itu harus dikelola dengan baik. Oleh karena itu , semua pemilik bisnis harus menjadi manajer uang yang bijaksana untuk memastikan bahwa uang terus mengalir dan segala pengeluaran dan tagihan harus dibayar.

Ada dua aspek keuangan yang paling mendasar yaitu

  • Pendapatan yaitu Uang yang anda dapatkan dari klien atau pelanggan anda.
  • Kewajiban (liability) yaitu Uang yang Anda keluarkan untuk persediaan , upah dan barang-barang lain yang diperlukan untuk tetap beroperasi pada bisnis Anda.

5. Menguasai seni negosiasi

Kemampuan untuk bernegosiasi secara efektif tidak diragukan lagi adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap pemilik bisnis atau pengusaha.Seni negosisasi adalah kemampuan anda untuk mengatur segala jenis transaksi menjadi win-win solution. Win-win solution di sini memiliki arti bahwa setiap orang yang terlibat merasa mereka diuntungkan Ini adalah dasar yang kuat untuk membangun bisnis jangka panjang yang menguntungkan.

6. Membangun reputasi baik

Reputasi yang baik adalah salah satu aset yang paling nyata dan berharga bagi para pemilik bisnis atau pengusaha. Anda tidak bisa membeli reputasi yang baik. Itu adalah sesuatu yang Anda peroleh dengan menghormati klien dan menepati janji-janji Anda. Jika Anda berjanji untuk menjamin barang dagangan anda sampai di tangan pelanggan hari Rabu, Anda tidak punya alasan untuk tidak menepati hal tersebut.Konsistensi dalam apa yang Anda tawarkan adalah faktor kunci lainnya . Jika anda selalu mengecawakan klien anda dengan layanan yang buruk, mereka tidak punya alasan untuk mempercayai Anda, dan tanpa kepercayaan, anda tidak akan memiliki reputasi yang baik.

7. Kenali pelanggan Anda

Jika anda mengenali pelanggan anda dengan hal-hal pribadi yang mendasar, pelanggan anda akan merasa ia diperhatikan. Untuk memenangkan hati pelanggan, anda tidak boleh hanya terus-menerus melakukan penawaran untuk membeli produk dan jasa anda. Mereka akan cepat jenuh jika anda berbuat seperti itu. Perhatikan lah mereka sedikit saja dengan hal-hal yang lebih peribadi, maka mereka akan menjadi pelanggan setia anda. Walaupun mungkin kompetitor lebih baik, tidak ada yang bisa mengambil pelanggan setia anda.

Demikianlah tadi beberapa Karakteristik Pengusaha Sukses yang mungkin bisa anda jadikan acuan dalam mengembangkan diri dan bisnis anda. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat, dan salam sukses selalu !!.

Related Posts