Alasan Kuat Kenapa Pembukuan UMKM Sangat Penting

by Evan Mulyana
0 comment

ANGPAO.ID – Alasan Kuat Kenapa Pembukuan UMKM Sangat Penting Setelah pada pembahasan kami sebelumnya, kami telah menjelaskan Bagaimana cara membuat pembukuan online untuk pengusaha UMKM maka pada artikel kali ini kami akan sedikit menjelaskan terkait alasan mengapa pembukuan bagi para pengusaha UMKM sangatlah penting untuk dilakukan, dikarenakan ketika pembukuan anda benar-benar baik dan tersusun dengan rapi maka hal ini akan memberikan kemudahan untuk anda semua dalam melihat bisnis yang sedang anda lakukan. Banyak pengusaha UMKM yang tidak memberikan perhatian yang cukup dalam masalah bisnis mereka terutama untuk masalah pembukuan yang benar-benar baik dan harus anda ketahui, apabila salah satu sumber masalah bagi para pengusaha UMKM salah satunya terletak pada banyaknya pengusaha yang tidak mengetahui alasan kenapa pembukuan tersebut sangatlah penting.

Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum sedikitnya ada 5 alasan kuat Kenapa pembukuan UMKM sangat penting dan pastinya harus anda ketahui dengan seksama. Ketika seorang pengusaha UMKM tidak melakukan pembukuan dengan baik maka hal tersebut sangatlah disayangkan dikarenakan di dalam setiap kegiatan bisnis, maka untuk masalah pembukuan yang baik adalah sesuatu yang sangat penting sehingga tanpa adanya pembukuan yang baik, maka dipastikan anda tidak bisa mengetahui apakah bisnis yang Anda kelola mendapatkan untung atau malah sebaliknya Anda merugi.

Selanjutnya Ketika anda semua tidak melakukan pembukuan dengan baik maka anda pun tidak bisa mengambil sebuah keputusan dengan baik juga, dikarenakan an-an da mengetahui dengan pasti terkait komponen pengeluaran dari bisnis yang andala kerjakan sehingga bisa disimpulkan apabila pembukuan adalah sesuatu yang wajib dilakukan dan penting.

Alasan Kuat Kenapa Pembukuan UMKM Sangat Penting

Untuk lebih lengkapnya terkait alasan kenapa pembukuan sangatlah penting untuk dilakukan, maka sebaiknya Anda membaca artikel berikut ini.

Bisa meningkatkan kualitas pengambilan keputusan

Alasan pertama Kenapa pembukuan bagi para pengusaha UMKM sangat penting adalah dengan adanya pembukuan tersebut, anda bisa mengetahui semua data keuangan yang faktual dan tidak hanya berdasarkan intuisi pribadi anda dan hal tersebut sangat berarti dikarenakan Anda bisa mengetahui berapa untung dan berapa rugi dari bisnis yang Anda kerjakan dalam setiap periode tertentu.

Bukan hanya itu saja, andapun bisa mengetahui semua komponen pendapatan dan juga pengeluaran yang mempengaruhi untung dan juga rugi dari bisnis yang Anda kerjakan dan semua informasi tersebut nantinya akan berguna ketika anda ingin mengambil keputusan bisnis yang benar-benar penting seperti misalnya memotong pengeluaran, meningkatkan pengeluaran suatu item, dan melakukan ekspansi terhadap bisnis.

Menghindari kesalahan pembayaran pajak

Alasan kedua Kenapa pembukuan sangat penting bagi para UMKM yaitu hal ini bisa menghindari kesalahan pembayaran pajak dikarenakan dengan mempunyai pembukuan yang baik hal ini bisa menghindari kesalahan dalam pembayaran pajak dikarenakan dalam pembukuan bisnis yang baik maka biasanya setiap pengeluaran dan pemasukan akan tercatat dengan sangat rapi. Dengan adanya hal tersebut, ketika anda mengalami kerugian maka anda bisa mengurangi kewajiban perpajakan dengan pembukuan yang baik dan juga bisa mengurangi waktu yang diperlukan ketika semakin dekatnya periode laporan perpajakan.

Membantu memperoleh pinjaman dan investasi

Manfaat ketiga dengan adanya pembukuan bagi para pengusaha UMKM yaitu mereka bisa memperoleh pinjaman dan investasi terutama bagi anda semua yang membutuhkan modal untuk usaha anda. Biasanya yang menjadi penyebab sebuah perusahaan UMKM macet dan tidak berjalan, yaitu dikarenakan kurangnya pembukuan bisnis yang baik dengan input data yang baik padahal pembukuan tersebut bisa berfungsi untuk menganalisa prospek usaha anda bagi bank dan juga investor.

Dengan adanya pembukuan ini maka diharapkan ketika anda memperoleh pinjaman atau investasi, maka anda pun bisa menunjukkan jika trend bisnis yang anda miliki kepada bank ataupun Para investor jika usaha anda meningkat dan juga aman.

Membantu untuk membuat rencana bisnis

Selanjutnya alasan keempat kenapa pembukuan sangatlah penting bagi para pengusaha UMKM yaitu bisa membantu dalam membuat rencana bisnis dan juga membentuk sebuah strategi bisnis supaya uMKM yang anda jalani bisa berkembang dan bertahan dari persaingan yang memang saat ini sangat ketat. Manfaat dari pembukuan tersebut yaitu dalam membuat rencana bisnis dengan jauh lebih mudah dan lebih cepat sehingga Anda pun mempunyai proyeksi rencana bisnis dengan dasar pendukung yang benar-benar kuat.

Meningkatkan peluang sukses pada bisnis anda

Alasan terakhir kenapa pembukuan UMKM sangat penting, yaitu anda bisa menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan dan selanjutnya bisa memudahkan mencari pendanaan dan juga bisa meminimalkan resiko dalam pembayaran pajak dan nantinya bisa meningkatkan peluang sukses bisnis anda ada sehingga manfaatnya sangat besar ketika anda membuat sebuah pembukuan baik secara online maupun offline.

Related Posts