Arti Ping, VC, TC, PC, PM di WhatsApp yang Perlu Diketahui

Obrolan WhatsApp tak hanya sekedar bertanya kabar atau kegiatan apa yang seseorang sedang lakukan. Melainkan terdapat istilah Ping, VC, TC, PC, PM, yang masing-masing memiliki arti berbeda-beda. Sebenarnya apa arti Ping, VC, TC, PC, PM di WhatsApp itu?

Saat ini, tak semua orang mengetahui maksud atau arti dari istilah chat tersebut. Sehingga mungkin ketika menerima chat tersebut, mereka akan merasa bingung ingin membalas apa.

Padahal penggunaan istilah tersebut telah meningkat pada tahun 2020 ini. Istilah tersebut bisa terjadi atau pengguna gunakan dalam obrolan pribadi maupun obrolan grup.

Pekerja, pelajar, dan pengusaha lah yang banyak menggunakan istilah-istilah tersebut. Agar anda tidak merasa bingung, anda perlu untuk mengetahui arti dari beberapa istilah tersebut.

 

Arti Ping, VC, TC, PC, PM di WhatsApp Obrolan

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang saat ini banyak penggunanya, terutama di Indonesia. Mereka memanfaatkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman, menjalankan bisnis, belajar, dan lain sebagainya.

Dalam mengobrol banyak sekali kata-kata yang mereka gunakan. Bahkan terdapat kata atau istilah yang memiliki arti tersendiri. Istilah tersebut seperti Ping, VC, TC, PC, dan PM.

Apakah anda termasuk orang yang belum mengetahui arti Ping, VC, TC, PC, PM di WhatsApp? Sekarang anda tak perlu bingung lagi, karena berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai arti dari istilah tersebut.

Arti dari Ping di Obrolan WhatsApp

Jika anda pengguna ponsel Android, pernahkah anda mendengar kata ini? Ping hampir identik dengan TC, yakni bertujuan untuk memeriksa apakah orang yang anda kirimi pesan sedang online.

Namun, Ping biasanya pengguna gunakan untuk memulai obrolan. Dalam kondisi tertentu, penggunaan Ping menggantikan salam sehingga dapat terbilang lebih tidak sopan. Contoh sederhana, misalnya saat memulai obrolan dengan orang tua.

Kedua, saat mengirim pesan pada WA, ping sering berguna untuk memeriksa kesalahan internet. Ping ini awalnya ada pada aplikasi Blackberry Messenger (BBM).

Sebelumnya, BBM menggunakan fitur Ping. Dan mungkin hal ini sudah menjadi kebiasaan, sehingga pada akhirnya mereka membawanya ke WhatsApp.

Sebaiknya ketika anda menerima pesan Ping dari teman anda, silahkan segera balas pesan tersebut. Karena mungkin orang atau teman anda itu harus melakukan atau membutuhkan sesuatu.

Arti VC pada Obrolan WhatsApp

Selanjutnya arti Ping, VC, TC, PC, PM di WhatsApp akan membahas mengenai VC. VC adalah singkatan dari Voice Call yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu panggilan suara. Tujuannya biasanya agar seseorang menghubungi kita melalui WhatsApp atau sebaliknya.

Istilah ini juga sangat populer dalam kalangan apapun. Karena coba anda bayangkan saja jika  harus mengetik “panggilan suara” pasti akan lebih lama dan tidak praktis. Sehingga akan lebih mudah jika menggunakan istilah VC.

Tak hanya itu, VC juga sering untuk mempersingkat panggilan video atau Video Call. Untuk itulah, anda bisa menyesuaikan penerapannya dengan tujuan atau keadaan obrolan tersebut.

Istilah TC pada Obrolan WhatsApp

TC adalah singkatan dari kata Test Chat, yamana jika kita terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah tes obrolan. Tujuan dari pesan ini adalah untuk mengetahui apakah orang atau teman anda tersebut sedang dalam keadaan online atau tidak.

Misalnya, anda mengirim pesan TC kepada teman anda. Lalu ternyata mereka menjawabnya, itu berarti teman anda tersebut sedang online. Begitu pula sebaliknya, jika mereka tidak menjawab berarti mereka sedang tidak online.

Selain, TC juga bisa berarti Test Contact atau uji kontak. Itu artinya anda ingin mengetes kontak tersebut, artinya juga tetap sama dengan penjelasan sebelumnya.

Arti dari PC pada Obrolan WhatsApp

Pada beberapa kata dalam bahasa Inggris, PC bisa menjadi menjadi sebuah singkatan. Misalnya personal Computer (komputer pribadi), piece (bagian), dan lain sebagainya.

Tetapi secara khusus dalam kasus WhatsApp sendiri, itu memiliki arti atau maksud yang berbeda. Yang mana istilah tersebut memiliki arti Personal Chat atau terkadang juga berarti Private Chat.

Maksudnya adalah chat pribadi, dengan kata lain chat antar kontak atau chat yang dilakukan dua orang.

Selain itu, PC biasanya juga untuk mengundang seseorang keluar dari obrolan grup dan melakukan obrolan pribadi. Misalnya PC, ayo lakukan, yang mana artinya ayo pindah ke obrolan pribadi.

Istilah PM pada Obrolan WhatsApp

Selain arti Ping, VC, TC, PC, PM di WhatsApp, PM juga merupakan singkatan untuk internet terutama pada berbagai media obrolan sosial lainnya. Artinya Private Message atau pesan pribadi, jika kita lihat memang sama dengan PC.

Namun, biasanya PM akan kita gunakan dalam situasi yang lebih formal atau saat konteks jual beli. Jadi jika anda masuk ke dalam grup jual beli, anda akan sering menemukan istilah satu ini.

Arti Huruf P pada WhatsApp

Pernahkah anda melihat atau menemukan seseorang mengirim huruf P dalam pesan WhatsApp? Huruf P juga berarti Ping. Anda sudah mengetahui instruksi untuk menguji kontak anda dan internet saat mengirim pesan.

Pada BBM, hanya dengan satu klik pesan “Ping” akan segera terkirim sehingga anda tidak perlu mengetik ulang. Berbeda dengan WhatsApp yang tidak menawarkan fitur-fitur ini.

Oleh karena itu, pengguna harus mengetikkannya secara manual untuk bisa mengirimkan pesan semacam itu. Penyingkatan Ping menjadi huruf P saja untuk mengurangi waktu pengetikan.

Selain itu, huruf “P” letaknya juga sangat dekat dengan tombol kirim WA. Artinya jari anda akan bergerak lebih cepat dan lebih mudah untuk mengirim pesan ini.

Itulah penjelasan mengenai arti Ping, VC, TC, PC, PM di WhatsApp khususnya obrolan. Anda perlu mengetahui arti dalam istilah tersebut agar memudahkan dan tidak menciptakan kendala saat sedang mengobrol.

Sumber : http://www.husnaramdani.com/

error: Content is protected !!