Berikut 5 Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil yang Bermasalah

Fuel pump tentu sektor sangat penting karena sebagai alat sumber tenaga mesin. Untuk itu diperlukan langkah yang tepat dan pas untuk mengatasi hal tersebut. Guna mengatasinya, ulasan di bawah ini membahas 5 cara memperbaiki fuel pump mobil yang bermasalah. Pasalnya, fuel pump berfungsi pengatur dan penyalur bensin ke mesin injektor sesuai kebutuhan mesin.

Seringkali ditemukan kasus kerusakan mesin dan bagian lainnya. Dampak dari kerusakan tersebut adalah tekanan bensin menjadi lemah. Ketika tekanan menjadi lemah maka kinerja mesin akan terpengaruhi. Contoh nyatanya adalah mesin tidak bisa atau sulit untuk dihidupkan. Nah, berikut ini cara memperbaikinya:

1. Mengganti Penahan Pompa

Cara memperbaiki fuel pump mobil yang pertama adalah dengan mengganti bagian penahan pompa. Penahan disini berfungsi untuk mengatur dan mengenali performa motor pompa yang berjalan. Semakin besar tahanan yang terjadi maka kinerja motor akan semakin lambat. Jika hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan kekurangan supply bahan bakar.

Pertama pengguna harus mengecek penahan pompa secara teliti dengan mencabutnya terlebih dahulu. Setelah dilepas dan di cek tegangan elektriknya sekarang atur ke 0,2 hingga 0,3 Ohm meter. Dimana tahanan tersebut akan berada pada terminal 3 dan 4. Terakhir yakni mengatur dan memastikan suhu penahan pompa berada pada 20 derajat Celcius.

2. Memperbaiki Body Fuel Pump

Pada bagian body terdapat kabel yang berfungsi untuk menyalurkan daya listrik. Daya tersebut nantinya akan bertugas menyalakan fuel pump. Jika kabel rusak atau putus maka pemenuhan daya listrik akan terganggu. Cara pertama yang dilakukan adalah mengecek kabel relay dan motor pompa. Lalu mengganti dengan kabel baru bertegangan antara 1 hingga 10 Ohm meter.

3. Mengecek dan Mengganti Relay Fuel Pump

Langkah pertama adalah melepaskan relay dari colokan pompa. Mengecek dan memastikan terminal penahan rangkaian kabel 3 dan 4 harus bertegangan 10 Ohm. Lalu menambahkan daya dan tegangan pada terminal kabel 2 dan 1 sebesar 1 Ohm meter. Pastikan tidak terlalu lebih atau kurang. Terakhir mengecek pengaman dan penyangga pengaman elektrik.

4. Membersihkan Filter Pompa

Pada bagian filter pompa sering tersumbat dengan beberapa kotoran. Kondisi tersebut yang menyebabkan fuel pump tidak bekerja maksimal. Caranya dengan memasukkan bensin ke injeksi mobil dan mengisi angin bertekanan tinggi. Harus menggunakan angin murni agar fuel pump tidak rusak nantinya. Apabila masih belum paham cara membersihkannya, maka simak ulasan lebih lengkapnya di situs Mobilku.

5. Mengganti Fuel Pump

Cara efektif selanjutnya adalah dengan mengganti bagian fuel pump mobil. Metode ini bisa menjadi pilihan ketika keempat cara sebelumnya belum berhasil. Langkah pertama yang dilakukan yakni mencabut dua jenis pipa yang terhubung ke pompa. Cabut juga colokan pada kabel tangki. Lalu memasang pompa baru dengan menggunakan kabel penunjang.

Demikian 5 cara memperbaiki fuel pump mobil yang bermasalah. Semoga dapat menjadi alternatif ketika mencoba mengatasi masalah fuel pump dan bagian sekitarnya. Cara di atas menjawab pertanyaan orang yang bilang bagaimana cara memperbaiki pompa bensin. Tentu masih beragam metode dan referensi lain yang dapat digunakan.

error: Content is protected !!