Bisnis Jajanan Anak Solusi Bertahan di Masa Pandemi dengan Modal Kecil

Tidak dipungkiri kesulitan ekonomi banyak melanda para pelaku usaha di masa pandemi. Kesulitan ekonomi ini lebih terasa bagi mereka yang kehilangan pekerjaan dan mencoba merintis usaha baru demi mencukupi kebutuhan makan sehari-hari. Bisnis kuliner menjadi pilihan laris walaupun bisnis ini bukanlah bisnis yang mudah. Tapi agar bisnis Anda mudah, salah satu situs finance terpercaya, Disetujui.id memberi solusi bagi hal ini. Silakan Anda kunjungi.

Usaha jajanan anak dengan modal kecil merupakan salah satu bisnis kuliner yang bisa menjadi solusi praktis mengatasi masalah ini. Bisnis ini memang terkesan sederhana namun siapa sangka omzet berjualan jajanan ini bisa mencapai jutaan rupiah. Jajanan anak memiliki jangkauan yang luas, baik dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Selain harganya yang murah, para pembeli pun bisa bernostalgia dengan rasa jajanan yang khas sehingga membuat siapapun tidak sungkan mengeluarkan uang untuk membeli jajanan ini.

5 Bisnis jajanan anak favorit

  • Telur gulung

Telur adalah bahan makanan yang selalu enak dalam bentuk olahan apapun., kecuali bagi mereka yang alergi. Pembuatan telur gulung cukup mudah, cukup dengan bahan seperti telur, kaldu bubuk, lada bubuk, dan tusuk sate. Jangan lupa tambahkan air pada adonan untuk membuat telur gulung memiliki tekstur lebih lembut.

Biasanya telur gulung dijual Rp2 ribu per tusuk dengan 1 butir telur seharga Rp2 Ribu bisa menjadi 5 tusuk telur gulung. Siapa sangka omset jualan jajanan ini bisa mencapai Rp2 juta sampai Rp5 juta per harinya dengan modal 30 kg telur sampai 75 kg telur per hari atau setara dengan Rp 300 ribu hingga Rp750 ribu.

  • Bakso bakar

Bakso bakar juga sedang menjadi jajanan tren di masa pandemi. Modal untuk membuat bakso bakar juga lebih kecil dibandingkan dengan membuat bakso biasa. Bakso bakar bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti bakso yang sudah jadi (bisa dibeli di pasaran), saus tiram, saus sambal, kecap manis dan tusuk sate.

Modal yang dibutuhkan kira-kira Rp 100 ribu untuk membeli bahan-bahan namun omzetnya bisa mencapai Rp 7 juta per hari.

  • Mie lidi

Mie lidi merupakan jajanan kering dan awet sehingga memasarkan online ataupun offline menjadi hal yang mudah. Bahan-bahan untuk membuat mie lidi terdiri dari spaghetti, bubuk balado, daun jeruk, dan garam.

Modal yang dibutuhkan tak kalah murah dibandingkan dengan jajanan lainnya. Hanya sekitar Rp 250 ribu dan omset yang bisa Anda dapatkan mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

  • Cilok 

Jajanan khas Bandung berbahan dasar aci dengan tambahan bumbu dan saus ini memang enak dinikmati menjelang sore hari. Beberapa bahan yang dibutuhkan  untuk membuat adonan antara lain tepung terigu, tepung tapioka, daging ayam yang dicincang halus, air panas, daun bawang, lada bubuk, garam, dan gula, dan kaldu ayam bubuk. Bahan untuk membuat saus yaitu cabe rawit, saus tomat, cabai merah, bawang merah, bawang putih, sedikit air, garam, gula dan kaldu bubuk.

Perkiraan modal dalam sebulan untuk pembuatan cilok adalah Rp 26 ribu x 30 hari = Rp 780 Ribu.

  • Arum manis rambut nenek

Jajanan populer sejak tahun  90-an ini awalnya berwarna putih dan dikenal sebagai rambut nenek karena bentuk dan warnanya seperti uban. Namun kini, jajanan ini sudah divariasi dengan warna-warna lain dan rasa yang manis, sehingga jajanan ini juga dikenal dengan nama arum manis. Rasa jajanan ini pun mulai beragam dari rasa durian, melon, dan pandan.

Bahan-bahan seperti gula pasir, air secukupnya, minyak goreng, pewarna makanan, dan tepung terigu sudah cukup untuk membuat arum manis rambut nenek.

Modal jualan jajanan ini lebih besar dibandingkan keempat jajanan anak lainnya, yaitu sekitar Rp1,5 juta dengan omzet bisa mencapai puluhan juta rupiah. Walaupun modal yang dibutuhkan cukup besar, arum manis rambut nenek merupakan jajanan yang awet dan bisa dipasarkan online. Bahkan Anda bisa mengajak mitra untuk mengembangkan usaha ini mengingat peluang bisnis ini terbuka lebar akibat para penjual jajanan ini banyak yang beralih menjual jajanan lain.

Aneka bisnis jajanan anak yang telah disebutkan diatas memang hanya memerlukan sedikit modal. Tabungan pribadi bisa menjadi sumber modal yang aman namun juga beresiko. Jika Anda berniat merintis usaha tersebut, cobalah dengan modal sendiri dahulu. Coba dahulu mencari resep yang khas untuk menambah nilai jual jajanan Anda.

Jika Anda berniat mengembangkan rintisan usaha jajanan anak dan mencapai omzet puluhan juta, mau tidak mau Anda membutuhkan tambahan dana untuk modal Anda. Salah satu solusi untuk mendapatkan pinjaman modal tunai dengan cepat adalah mengajukan pinjaman modal usaha melalui BFI Finance. BFI Finance adalah salah satu lembaga keuangan yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga keamanan menggunakan jasa pinjaman lembaga ini lebih terjamin.

Anda harus memahami dan melengkapi persyaratan dan dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan pinjaman modal sehingga peluang pengajuan Anda untuk disetujui bisa terwujud.

Kiat-kiat pengajuan pinjaman BFI Finance

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menentukan skala usaha sehingga nominal pinjaman yang Anda ajukan bisa diestimasi. Kemudian Anda bisa melakukan simulasi pinjaman di website BFI Finance. Simulasi dapat memberikan gambaran pada Anda mengenai jumlah pinjaman dan tenor yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Langkah selanjutnya adalah menentukan produk pinjaman yang sesuai. Produk pinjaman ini bisa berupa jaminan BPKB motor, mobil atau sertifikat rumah. Setiap produk pinjaman tersebut memiliki perbedaan fitur, keuntungan tenor, hingga jumlah pinjaman yang Anda dapatkan. Pilihlah produk pinjaman yang berisiko rendah karena jika Anda gagal mengembalikan pinjaman, maka produk jaminan Anda akan diambil alih.

Setelah Anda menentukan produk pinjaman yang sesuai, lengkapi persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Idealnya usia peminjam antara 21 hingga 65 tahun. Dokumen yang diperlukan antara lain kartu identitas, laporan keuangan, bukti penghasilan dan NPWP. Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan di website BFI Finance.

error: Content is protected !!