5 Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak Terbaca pada Komputer dengan Mudah dan Cepat

Fungsi utama pemakaian hardisk yang paling umum digunakan yakni untuk menyimpan back up data yang berukuran besar. Hanya saja lain ceritanya apabila ternyata hardisk tidak dapat terbaca di komputer, pasti akan menghambat pekerjaan. Tidak perlu khawatir, tetap ada cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca di bawah ini!

1. Instal Ulang Driver

Cara pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan hardisk tidak terbaca di komputer yakni dengan menginstall ulang driver. Biasanya para pengguna akan melakukan hal tersebut sebagai pertolongan pertama ketika hardisk terindikasi mengalami error sehingga harus dipulihkan kembali. Bagi pengguna yang baru pertama kali melakukan install ulang driver bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik start, kemudian masuk pada pilihan menu komputer > properties > manager device.
  • Lalu cek kabel USB bertuliskan USB Attached
  • Setelah itu klik kanan dan pilih update driver.
  • Ambil pilihan browse my computer for driver software, ikuti instruksi yang ada.
  • Klik next dan tunggu proses install ulang berhasil.

2. Lakukan Manajemen Ulang Disk Management

Cara lainnya dalam mengembalikan hardisk yang tidak dapat terbaca di komputer yakni dengan melakukan perombakan ulang disk management. Langkah yang ditempuh tidak terlalu panjang sehingga masih bisa diikuti oleh pemula dengan mudah. Tahapan untuk melakukan hal tersebut yakni:

  • Pilih menu disk pada kolom start windows, kemudian klik create and format hardisk
  • Untuk cara lebih gampang bisa menggunakan opsi tombol shortcut windows + R, otomatis halaman run akan tampil.
  • Setelah itu ketik keyword bertuliskan msc, otomatis layar komputer akan menampilkan halaman computer management.
  • Lakukan format data.

3. Ganti Letter Harddisk

Cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca yang tak kalah mudahnya yakni pengguna bisa mengganti letter harddisk. Pertama, buka disk management lalu klik kanan untuk mengganti letter. Klik change drive letter and path kemudian ambil opsi change untuk merubahnya. Tunggu hingga proses selesai dan hardisk dapat beroperasi normal kembali.

4. Tukar Kabel USB Baru

Bisa saja hardisk pada komputer tidak terbaca disebabkan oleh kabel USB yang goyang atau tidak tepat. Sebelum menggantinya, pengguna terlebih dahulu memastikan ada tidaknya kerusakan pada kabel. Jika telah ditemukan, sangat disarankan menggunakan kabel USB berlisensi resmi yang tidak mudah rusak.

5. Lakukan Low Level Format

Cara terakhir untuk mengatasi hardisk tidak terbaca yakni dengan melakukan low level format. Tetapi perlu diingat, risiko yang terjadi apabila menggunakan metode ini semua daya yang ada akan tersapu bersih. Untuk melakukannya bisa langsung menginstall HDD Low Level Format di komputer. Setelah itu pilih daftar hardisk yang tersedia, dan klik format untuk melanjutkan proses perbaikan.

Pembahasan di atas mengenai cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca merupakan salah satu contoh permasalahan yang dapat terjadi kapan saja. Untuk mengetahui berbagai ulasan mengenai solusi gadget, sistem, ataupun aplikasi yang ada di smartphone dan komputer selengkapnya bisa mengakses https://biggu.com agar tidak ketinggalan info baru lainnya.

error: Content is protected !!