Cara Mengatasi Microphone Zoom Tidak Berfungsi Di Laptop

Tidak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 telah merubah pola kehidupan manusia, terutama dalam melakukan interaksi sosial. Oleh sebab itu aplikasi Zoom sangat dibutuhkan untuk mendukung proses komunikasi, namun sayangnya karena beberapa alasan microphone Zoom tidak berfungsi di laptop dengan baik.

Agar pertemuan online dapat berjalan lancar, diperlukan audio yang mumpuni. Karena apabila terdapat masalah pada sistem audio maka komunikasi yang seharusnya dilakukan dua arah tidak bisa berjalan baik. Berikut cara mengatasi microphone Zoom tidak berfungsi di laptop yang bisa diikuti.

1. Pastikan Microphone Yang Digunakan Telah Terhubung Dan Diaktifkan

Apabila dalam melakukan pertemuan online menggunakan jenis microphone eksternal untuk menunjang sistem audio, maka periksalah terlebih dahulu pada kabel penghubung dengan laptop. Dengan cara mencoba menghubungkan microphone pada port USB lainnya yang terdapat pada laptop.

Selain microphone eksternal yang memiliki kabel, juga terdapat microphone nirkabel. Apabila saat menggunakan microphone jenis ini, maka disarankan untuk memeriksa sistem pengaturan Bluetooth yang digunakan. Selain itu juga perlu dipastikan bahwa baterai yang digunakan pada microphone masih layak digunakan.

2. Izinkan Akses Zoom Pada Microphone

Cara mengatasi microphone Zoom tidak berfungsi di laptop selanjutnya ada periksa pengaturan izin akses aplikasi Zoom pada microphone. Tidak bisa dipungkiri aplikasi Zoom yang tidak memiliki izin akses terhadap microphone dapat menyebabkan sistem audio terganggu.

Untuk memeriksa izin akses microphone dapat melalui Windows Privacy Setting, caranya sangatlah mudah. Buka Pengaturan, kemudian pilih privacy, setelah itu klik ikon microphone. Terakhir pastikan Zoom memiliki izin akses dengan cara mengaktifkan Allow Microsoft Store apps to access your Microphone.

3. Gunakan Troubleshoot Sound Problems

Seperti yang diketahui Microsoft menyediakan fitur Troubleshoot pada Windows sebagai sistem operasinya. Fitur ini digunakan untuk membantu pengguna dalam memecahkan masalah yang terjadi pada kinerja perangkat laptop yang digunakan. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah microphone Zoom.

Untuk memecahkan masalah microphone dengan cara ini sangatlah mudah, cukup dengan klik kanan pada ikon audio yang terletak pada taskbar. Setelah itu, pilihlah Troubleshoot Sound Problems, kemudian ikuti setiap langkah yang diperintahkan. Jika proses tadi selesai, periksa kembali microphone Zoom.

4. Unmute Audio

Terkadang microphone yang tidak dapat berfungsi dengan baik tidak disebabkan karena adanya kerusakan, bisa saja itu terjadi karena dengan tanpa sengaja telah mengubah mode audio menjadi Mute. Apabila sudah begini maka secara otomatis microphone tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Untuk mengetahui status audio yang digunakan dalam kondisi Mute atau Unmute, cukup dengan melihat ikon microphone yang terletak di bagian bawah. Apabila terdapat garis merah di sana, maka itu dalam kondisi Mute. Untuk mengembalikannya cukup klik kembali ikon microphone pada aplikasi Zoom.

Itulah cara mengatasi microphone Zoom tidak berfungsi di laptop. Tentunya pengguna perlu lebih teliti dalam melihat penyebabnya agar lebih mudah dalam mengatasinya. Untuk menemukan informasi menarik lainnya, pengguna juga bisa mengaksesnya di pasca-uinsuska.id.

error: Content is protected !!