Cara Mengunci Gb Whatsapp Tanpa Bantuan Aplikasi

WhatsApp GB memiliki fitur unggulan yaitu fitur pengunci aplikasi yang tidak ada dalam aplikasi WhatsApp official. Aplikasi WhatsApp biasa membutuhkan bantuan aplikasi lain agar bisa mengunci aplikasi tersebut. Kelebihan inilah yang membuat peminat gb whatsapp terus mengalami peningkatan hingga saat ini.

Cara Mengunci GB WhatsApp Tanpa Aplikasi

Mengunci aplikasi penting seperti media sosial atau aplikasi berkirim pesan untuk menjaga privasi. Aplikasi seperti WhatsApp berisi pesan-pesan pribadi atau informasi tertentu yang sifatnya pribadi sehingga harus di kunci. Berikut jenis-jenis kunci yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi WhatsApp GB:

1. Mengunci Menggunakan Pola

WhatsApp GB memiliki fitur Privacy yang berfungsi untuk mengunci keseluruhan aplikasi atau beberapa percakapan saja. Salah satu jenis penguncian yang bisa digunakan yaitu kunci pola. Pengguna bisa menggunakan pola apapun yang dibentuk dengan menghubungkan sembilan titik yang tersedia. Mengunci aplikasi GB WhatsApp menggunakan pola cukup mudah dilakukan. 

Buka layar utama whatsapp GB kemudian klik ikon yang berupa titik tiga di sebelah kanan atas. Pilih GB Setting lalu pilih Privacy and Security. Klik menu Security kemudian pilih menu Change Pattern. Pengguna akan diminta untuk membuat pola yang akan digunakan untuk mengunci. Geser Toggle WhatsApp Lock dan pilih pattern untuk mengaktifkan kunci.

Penggunaan pola sebagai kunci baik aplikasi maupun kunci perangkat kini sudah tidak dianjurkan kembali. Kunci pola adalah jenis kunci yang paling mudah ditebak bentuk polanya sehingga mudah di bobol. Faktor utama lemahnya kunci pola terletak pada bentuk pola yang digunakan hampir mirip satu sama lain.

2. Mengunci Menggunakan Pin

Kunci Pin adalah kunci yang berupa gabungan dari beberapa angka secara acak dengan jumah minimal 4 angka atau lebih. Semakin panjang pin yang digunakan maka semakin aman kunci tersebut. Kombinasi angka yang paling sering digunakan yaitu tanggal lahir, tanggal pernikahan dan tanggal penting lainnya.

Mengunci aplikasi WhatsApp GB menggunakan pin hampir sama caranya dengan mengunci aplikasi tersebut menggunakan pola. Bedanya, di menu security pengguna harus memilih change password jika ingin menggunakan sandi. Buat pin yang terdiri dari 4 angka kemudian geser toggle WhatsApp lock dan pilih pin untuk mengaktifkan pin tersebut.

Mengunci Percakapan Grup atau Chat Pribadi

Fitur unggulan pada GB WhatsApp bisa mengunci satu atau beberapa percakapan baik percakapan pada nomor individu ataupun percakapan grup. Percakapan yang telah terkunci tersebut akan meminta memasukkan pin yang telah dibuat setiap kali membuka percakapan. Adanya fitur ini membuat pengguna WhatsApp GB bisa menyembunyikan percakapan pentingnya.

Buka salah satu percakapan yang ingin disembunyikan kemudian klik tiga titik yang ada di kanan atas. Pilih opsi kunci percakapan kemudian hidupkan kode sandi. Pengguna akan diminta membuat pin sebagai kunci aplikasi tersebut. Konfirmasi ulang pin yang dimasukkan kemudian keluar dari percakapan dan buka kembali untuk melihat apakah percakapan tersebut sudah terkunci.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengunci Aplikasi

Pengguna yang ingin mengunci aplikasi WhatsApp GB yang dimiliki harus membuat pertanyaan pemulihan terlebih dahulu. Pertanyaan pemulihan atau Recovery Question berfungsi untuk mereset kunci yang digunakan ketika lupa. Adanya Recovery Question membuat pengguna tidak perlu menghapus aplikasi ketika melupakan kunci yang digunakan.

Cara membuat Recovery Question yaitu dengan memilih menu Recovery Question yang ada dalam menu Security di GB Setting. Buat pertanyaan apa saja di kolom question dan ketikkan jawaban di kolom answer kemudian pilih Ok. Pertanyaan tersebut akan diajukan ketika pengguna melupakan kunci yang digunakan untuk memulihkan kunci tersebut. 

Fitur pengunci pada GB WhatsApp sangat berguna untuk menjaga privasi pengguna aplikasi tersebut. Jenis kunci yang bisa digunakan di whatsapp GB yaitu pola dan pin. Pengguna juga bisa mengunci percakapan tertentu saja jika tidak ingin mengunci aplikasi. Jangan lupa membuat pertanyaan pemulihan sebelum mengunci aplikasi WhatsApp GB. Untuk informasi lengkap bisa mengunjungi rsddrsoebandi.id.

 

error: Content is protected !!