Daftar Aplikasi yang Bisa Mengembalikan File WA yang Terhapus Versi 2022

WhatsApp adalah aplikasi chat yang banyak digunakan berkat kemudahannya mengirim berbagai jenis file. Tidak jarang banyak pengguna yang memanfaatkan aplikasi chat ini untuk menyimpan file. Sayangnya file di WA rawan terhapus. Jika sudah demikian, sebaiknya pengguna memakai aplikasi yang bisa mengembalikan file WA yang terhapus ke hp lagi.

Meski tidak bisa melakukan recovery file kembali sebab sebelumnya tidak melakukan pencadangan, pengguna tetap bisa mengembalikan file dengan bantuan aplikasi. Cari tahu mengenai aplikasi yang bisa mengembalikan file WA yang terhapus selengkapnya di sini:

Tentang File Recovery App

Aplikasi untuk mengembalikan file yang sudah terhapus pada dasarnya bisa juga disebut sebagai aplikasi file recovery. Mengapa demikian? Ini dikarenakan fungsi dasarnya yang berguna untuk mengembalikan file ke lokasi penyimpanannya seperti semula. Aplikasi ini memiliki fungsi layaknya recycle bin yang terdapat di perangkat Windows.

Semua file yang terhapus pada hp akan secara otomatis masuk ke dalam aplikasi ini. Pengguna selanjutnya bisa memutuskan file tersebut untuk dihapus permanen atau dipulihkan kembali ke lokasi penyimpanannya semula. Jika pengguna memilih untuk menghapusnya permanen, tentu saja file tersebut tidak akan bisa ditemukan lagi.

Sebaliknya, jika pengguna memilih untuk melakukan pemulihan maka file akan otomatis kembali ke lokasi penyimpanannya. Sayangnya, aplikasi ini tidak secara khusus berfungsi untuk file WA saja. Artinya, aplikasi ini hanya bisa mengembalikan file WA yang sudah tersimpan pada ponsel. Jika file WA masih dalam aplikasi WhatsApp, aplikasi ini tidak bisa membantu mengembalikan file.

Daftar Aplikasi untuk Mengembalikan File WA

Umumnya, di galeri biasanya akan secara otomatis terbuat folder WA untuk menyimpan foto dan video dari WhatsApp. Begitu juga di folder penyimpanan untuk format file lain. Dengan aplikasi ini, pembaca bisa memulihkan lagi file yang sudah tersimpan di hp saja. Berikut ulasannya:

1. Dumpster

Aplikasi pertama yang bisa membantu pengguna mengembalikan file WA yang terhapus ialah Dumpster. Fungsinya mirip seperti Recycle Bin pada perangkat Windows. Pengguna bisa mengembalikan file yang sudah terhapus atau menghapus permanen file yang ingin dibersihkan dari perangkat.

Dumpster bisa membaca berbagai jenis file. Pengguna tidak perlu khawatir akan jenis file tertentu yang tidak bisa dibaca oleh aplikasi ini. Data-data dengan format jpg, png, doc, pdf, mp3, hingga txt semua bisa terbaca dan diorganisir kembali sesuai dengan keinginan pengguna. Aplikasi ini bisa dioperasikan tanpa memerlukan root dan koneksi internet.

2. DiskDigger

Selain Dumpster, pengguna juga bisa memulihkan file yang terhapus dengan bantuan aplikasi DiskDigger. Aplikasi ini bekerja dengan mendeteksi data yang hilang dari penyimpanan perangkat. Hasil deteksi tersebut akan memberikan daftar data-data yang hilang. Semua data ini akan ditampilkan dalam urutan tanggal modifikasi dan ukuran.

Pengguna bisa memakai bantuan aplikasi ini secara gratis. Namun ingat, kemampuan deteksi aplikasi ini hanya bisa dijalankan untuk ruang penyimpanan internal dan eksternal saja. Pastikan file WA yang ingin dikembalikan sudah tersimpan dalam folder WA di ruang penyimpanan perangkat.

3. Recover Deleted Photos

Terakhir, sesuai dengan namanya, aplikasi ini bekerja khusus untuk mengembalikan file WA berupa foto, yang terhapus. Kerja aplikasi ini juga berdasarkan deteksi file yang terhapus. Namun ruang pendeteksiannya lebih terbatas daripada DiskDigger. Aplikasi ini hanya bisa mendeteksi sebuah folder untuk menemukan file yang terhapus.

Itulah informasi mengenai aplikasi yang bisa mengembalikan file WA yang terhapus versi 2022. Cari tahu informasi selengkapnya di bettermind.id dan dapatkan informasi serta link download aplikasi-aplikasi menarik lainnya.

error: Content is protected !!