E Wallet Adalah Salah Satu Bentuk Layanan Digital

Modernisasi dan kemajuan teknologi mengharuskan manusia kini untuk terbiasa dengan yang namanya dompet digital atau e wallet. Nah, e wallet adalah sebuah sistem yang tengah dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan kegiatan transaksi, penasaran dengan penjelasannya? Berikut ulasannya:

Tentang E Wallet

E wallet adalah bentuk dari layanan digital yang bertugas untuk melakukan penyimpanan data serta instrumen terkait pembayaran. Terdapat kartu serta uang elektronik yang di dalamnya berisi dana atau saldo yang bisa diisi dan dipakai untuk melakukan transaksi. Bentuk dari e wallet sendiri dapat berwujud aplikasi atau program perangkat lunak.

Untuk perkembangan dari e wallet sendiri tiap harinya selalu mengalami peningkatan seiring dengan berkembang dan majunya startup saat ini. Hadirnya kebijakan yang dibuat oleh pemerintah terkait penggunaan uang elektronik pun membuat e wallet semakin banyak digunakan. Berbagai kemudahan dalam bertransaksi pun dapat dirasakan kini.

E Wallet Paling Terpopuler

Ketenaran dari e wallet yang kini marak digunakan oleh masyarakat Indonesia membuat kegiatan transaksi pembayaran pun mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa e wallet yang menjadi favorit dan banyak digunakan, penasaran apa saja itu? Simak berikut penjelasannya:

1. Dana

Masuk ke dalam salah satu jajaran dompet digital atau e wallet membuat Dana menjadi yang paling banyak penggunanya. Diterbitkan pada tahun 2018 tetapi sudah mampu mencuri perhatian banyak pengguna. Jadi wajar saja jika e wallet yang satu ini berada pada peringkat ke tiga yang paling banyak dipakai.

Kemunculan dari e wallet adalah berkat adanya kolaborasi antara dua perusahaan yaitu Emtek group dan Ant financial. Bagi yang sering menggunakan aplikasi Bukalapak, sekarang dapat memakai Dana untuk melakukan pembayaran. Memungkinkan sebanyak apapun jumlah transaksi pada aplikasi tersebut, pembayaran tetap mudah untuk dilakukan.

2. Ovo

Berikutnya ada Ovo yang menjadi bagian dari e wallet paling banyak digunakan saat ini di Indonesia, bagaimana tidak? Berkembangnya teknologi saat ini mengharuskan setiap individu terbiasa dengan kehadiran uang elektronik. Membuat berbagai aplikasi e wallet pun menjadi hal tidak perlu diragukan lagi fungsinya.

Selain itu, Ovo juga menjadi aplikasi yang terbuka untuk melakukan kerjasama dengan berbagai merchant. Hal tersebut tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi para penggunanya, bagaimana tidak? Semakin banyak mitra kerja, maka akan semakin banyak juga kemudahan transaksi pembayaran pada beberapa merchant yang akan digunakan.

3. ShopeePay

Para pengguna Shopee pasti sudah tahu kalau Shopeepay merupakan salah satu e wallet yang paling populer akhir akhir ini. Pasalnya kehadiran uang elektronik sendiri dianggap sebagai metode pembayaran yang cukup baik. Lisensi yang dimiliki oleh ShopeePay juga membuatnya semakin dipercaya oleh banyak pengguna.

4. Gopay

Para pengguna setia dari aplikasi Gojek pastinya sudah hafal bukan dengan e wallet Gopay? E wallet yang ikonik dengan warna hijau ini sangat populer sudah banyak digunakan sebagian besar masyarakat. Penggunaan Gopay pun sangat beragam, mulai dari melakukan transaksi pembayaran hingga pengiriman uang.

5. Jenius

Bagi yang sering melakukan transaksi pembelian di beberapa merchant seperti Tokopedia, jangan sampai ketinggalan untuk menggunakan Jenius, mengapa? Jenius merupakan salah satu dompet elektronik yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran di beberapa startup atau merchant yang menjadi mitranya. Menabung secara online dengan aman dan nyaman pun bisa dilakukan lewat Jenius.

Demikianlah penjelasan terkait e wallet beserta dengan aplikasi yang kini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya e wallet adalah program atau aplikasi yang dibuat untuk memudahkan sistem pembayaran sehingga menjadi lebih efisien dan juga efektif. Jadi tidak ada lagi alasan saat ini untuk telat melakukan pembayaran atau pun tagihan.

 

error: Content is protected !!