Hindari 5 Kesalahan Kegiatan Keuangan UMKM Ini Supaya Usaha Tetap Aman

by Evan Mulyana
0 comment

ANGPAO.ID – Hindari 5 Kesalahan Kegiatan Keuangan UMKM Ini Supaya Usaha Tetap Aman Bagi siapapun para pengusaha UMKM pastinya mereka sangat mengharapkan mempunyai kondisi keuangan yang stabil dan juga sehat dikarenakan hal yang paling utama bagi para pengusaha mikro kecil dan menengah supaya usahanya tetap maju dan berkembang tanpa ada pailit, yaitu dalam pengurusan masalah keuangan dan kegiatan keuangan tersebut haruslah dilakukan dengan tepat dan juga benar. Ketika kondisi keuangan dalam keadaan sehat termasuk di dalamnya Bagaimana cara pembukuan yang baik, maka dipastikan usaha anda akan tetap aman dari kondisi apapun dikarenakan sudah ada perencanaan dan pencatatan baik uang yang masuk dan uang yang keluar, sehingga pembahasan kami sebelumnya apabila pencatatan UMKM menjadi sebuah kewajiban yang harus diperhatikan oleh anda semua.

Namun bagi anda ada yang saat ini menjadi seorang pengusaha UMKM harus menghindari 5 kesalahan kegiatan keuangan UMKM supaya usaha anda tetap aman dan jauh dari pailit atau bangkrut. Ketika kondisi keuangan tidak sehat maka hal tersebut bisa mengancam perusahaan yang Anda bangun sehingga haruslah disiasati dengan melakukan seluruh kegiatan pencatatan keuangan yang benar-benar baik udah sesuai dengan usaha anda. Jangan sampai melakukan perbuatan yang bisa merugikan usaha anda dikarenakan hal tersebut bisa mau perburuk kondisi pekerjaan dan usaha.

Kesalahan keuangan walaupun terlihat kecil dan tidak berarti, akan tetapi harus anda sadari dalam jangka panjang jika kesalahan tersebut terus dibiarkan maka akan berdampak masalah yang lebih besar dan serius pada bisnis yang Anda lakukan. Sehingga kehati-hatian masalah pencatatan keuangan, menjadi sesuatu yang harus diperhatikan lagi dengan seksama. Caranya yaitu dengan menghindari kegiatan yang memang bisa merugikan usaha anda.

Hindari 5 Kesalahan Kegiatan Keuangan UMKM Ini Supaya Usaha Tetap Aman

Di bawah ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan jangan sampai Anda lakukan dikarenakan kegiatan ini malah bisa memperbarui suasana di mana setiap kesalahan kegiatan keuangan UMKM yang Anda lakukan bisa menjadikan usaha anda tidak maju dan yang ditakuti adalah pailit dan selanjutnya bangkrut.

Tidak memisahkan dana usaha dengan dana pribadi

Kegiatan pertama yang harus anda hindari dan jauhi dan termasuk salah satu kesalahan keuangan UMKM yang ternyata masih banyak dilakukan oleh para pengusaha yaitu suka sekali menggabungkan antara dana usaha dengan dana pribadi padahal hal tersebut tidak baik untuk UMKM.

Ketika anda tidak memisahkan dana usaha dengan dana pribadi maka dipastikan anda akan sangat gampang terjerumus kepada sebuah perangkap meningkatnya pengeluaran pribadi di saat bisnis anda sedang bagus dan selanjutnya tidak mempunyai cadangan dana ketika bisnis anda sedang buruk sehingga kegiatan tersebut haruslah dihindari dikarenakan mempunyai Resiko yang sangat fatal.

Solusi yang harus anda lakukan yaitu sangat mudah, anda tinggal memisahkan antara dana pribadi dan dana usaha.

Tidak menyisihkan dana darurat

Selanjutnya kegiatan yang harus anda hindari dan jauhi ketika berbisnis UMKM dikarenakan mempunyai resiko dan anda pun pastinya tidak mengetahui keadaan ekonomi dan bisnis di masa yang akan datang yaitu tidak menyisihkan dana darurat sehingga ketika suatu hari nanti misalnya perusahaan anda mengalami pailit, maka anda akan kebingungan masalah dana ketika tidak ada dana darurat atau dana cadangan.

Solusi yang harus anda lakukan yaitu mempersiapkan dana darurat yang pastinya akan dibutuhkan disaat masa yang akan datang ketika perusahaan anda sedang goyah dan tidak baik dan Anda pun membutuhkan dana, maka ketika hal tersebut terjadi Anda sudah siap karena sudah memiliki dana darurat.

Tidak disiplin dalam pembukuan

Salah satu kegiatan yang memang sampai saat ini sering dilakukan oleh para pengusaha UMKM yaitu mereka sangat meremehkan dalam masalah pembukuan sehingga ketika ada ada dana yang masuk maupun dana yang keluar mereka tidak mencatat dan hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat buruk untuk usaha anda. Sekecil apapun dana yang masuk ataupun dana yang keluar dari usaha anda maka sangat direkomendasikan untuk dicatat dan dibukukan sehingga sangat dianjurkan untuk disiplin dalam masalah pembukuan tersebut.

Terlambat menagih piutang

Bagi beberapa uMKM, memberikan piutang kepada para pelanggan memang menjadi sesuatu hal yang biasa terjadi, namun ketika anda menjadi seorang pengusaha yang baik dan memberikan uang kepada para pelanggan untuk melakukan utang, anda pun harus siap untuk memberikan sebuah penjelasan kepada mereka Kapan mereka harus membayar. Dikarenakan menjadi sebuah kesalahan yang sangat fatal, ketika uang anda berada diluar selanjutnya anda tidak menagih mereka maka dana perusahaan yang sedang anda kelola bisa kekurangan dana oleh karena itu, solusi yang paling tepat yang dapat kalian lakukan yaitu jangan sampai terlambat untuk menagih utang kepada mereka yang memang melakukan utang piutang kepada perusahaan anda.

Menghabiskan waktu untuk kegiatan yang tidak meningkatkan pendapatan

Setiap manusia diberikan oleh Allah SWT waktu sehari semalam 24 jam dan waktu tersebut seharusnya dimanfaatkan untuk fokus berusaha terutama bagi anda semua para pengusaha UMKM dan yang paling batal ketika para pengusaha tidak melakukan kegiatan apapun yang menguntungkan untuk usaha mereka dan malah membuang waktu.

Solusi yang harus anda lakukan yaitu memanfaatkan waktu dan peluang anda dengan melakukan berbagai kegiatan yang bisa meningkatkan pendapatan untuk usaha, misalnya saja ketika anda mempunyai sosial media daripada Anda yang tidak jelas maka sangat direkomendasikan untuk digunakan melakukan promosi di media sosial supaya netizen mengetahui jika anda mempunyai sebuah produk yang dijual dan hal ini lebih baik ketimbang Anda membuang waktu tersia-sia.

Related Posts

Leave a Comment