Kapan saat yang Tepat untuk Mendaftarkan Les untuk Anak?

by cs_angpao78
0 comment

Sebagai orang tua kita tentu ingin hal-hal yang terbaik untuk diberikan kepada anak. Tak hanya itu, kebanyakan orang tua akan mengusahakan segala hal agar anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang sehat, pintar dan beriman serta berakhlak. Salah satu hal yang biasanya seringkali dilakukan oleh orang tua untuk mengasah kemampuan buah hatinya adalah dengan menyekolahkannya.

Tak hanya memberikan fasilitas sekolah saja, akan tetapi bahkan orang tua rela mengeluarkan uang tambahan untuk mengikutsertakan buah hatinya dalam kegiatan yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya misalnya mengikutsertakan buah hati di les anak.

Namun, walaupun demikian sebagai orang tua Anda perlu tahu batas kemampuan untuk anak Anda. Nah, dalam hal ini pertanyaan yang seringkali muncul di dalam pikiran kita sebagai orang tua adalah kira-kira kapan waktu terbaik seorang anak untuk didaftarkan mengikuti les tambahan?

Oke, untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini.

Waktu yang Tepat untuk Mendaftarkan Anak Ikut Les Tambahan

Menurut para ahli, mereka menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada patokan waktu, kapan anak bisa didaftarkan untuk mengikuti les anak. Bahkan mengikut sertakan buah hati ke dalam banyak kegiatan diluar jam sekolah justru akan mengasah kemampuan dan bakatnya sejak dini. Baik itu, mendaftarkan buah hati ke tempat les untuk melatih bakatnya, atau mengajaknya mengikuti les tambahan pelajaran akademik.

Namun, walaupun begitu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan mengajak atau mengikutsertakan anak ke beberapa kursus atau les yakni sebagai berikut.

  • Jangan memberikan anak kegiatan yang terlalu berat jika masih berada di usia yang terlalu dini;
  • Beri kegiatan agar anak bisa mengembangkan kemampuan kognitif dan motoriknya saat usianya dibawah 6 tahun adalah hal yang tepat;
  • Pada anak dibawah 6 tahun, Anda bisa mencarikannya tempat les yang mengutamakan bermain;
  • Sedangkan untuk anak yang sudah menginjak usia diatas 6 tahun, Anda bisa mengikutsertakannya les mata pelajaran atau bahkan les untuk melatih bakat dan keahliannya misalnya seperti les musik, les gambar dan les bakat lainnya.

Sekarang sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk mendaftarkan les anak? Pastikan juga Anda memperhatikan beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Related Posts