Kenali Apa Saja Hal Penting yang Harus Dilakukan Di Kehamilan Pertama

by cs_angpao78
0 comment

Tidak ada yang lebih membahagiakan selain mengetahui kehamilan diri sendiri. Bagi kaum wanita, kehamilan menjadi momen membahagiakan sekaligus mengharukan karena ada tubuh lain di dalam tubuhnya. Si calon ibu pasti sangat antusias, mulai dari mencari nama si calon bayi, rajin browsing toko perlengkapan bayi online, artikel kesehatan ibu hamil dan menyusui, dan persiapan lainnya.

Kehamilan pertama seorang wanita biasanya menjadi momen yang membahagiakan dan sangat penting. Namun, apa saja sebenarnya hal penting yang harus diketahui seorang wanita di kehamilan pertamanya?

 

  1. Ketahui tanda kehamilan

Tanda paling umum yang biasanya disadari oleh wanita adalah terlambatnya masa menstruasi. Selain itu, tanda lain yang juga perlu diketahui adalah mood yang berubah dan keinginan terhadap satu jenis makanan yang tidak bisa ditahan.

Beberapa tanda tersebut mungkin bukan tanda kehamilan, pahami tanda-tanda sebenarnya dari kehamilan tersebut. Salah satu hal yang harus anda lakukan untuk memastikan kehamilan adalah lakukan tes urin dengan testpack  yang bisa didapatkan di apotik. Namun, ingatlah bahwa testpack tidak bisa memberikan hasil yang solid. Maka, yang anda butuhkan selanjutnya adalah lakukan tes dengan dokter.

 

  1. Kunjungi Dokter

Banyak pasangan suami-istri yang melakukan pemeriksaan ke dokter bahkan sebelum mereka berencana untuk memiliki anak. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa kehamilan pertama adalah kehamilan yang sehat dan jauh dari masalah yang serius.

Jika anda sudah yakin dan memastikan bahwa diri anda hamil, maka lakukan pemeriksaan ke dokter dengan segera. Pilihlah dokter kandungan terbaik dan jangan pernah melewatkan satu kali pun pemeriksaan. Pemeriksaan di dokter dilakukan agar ibu dan janin memiliki kesehatan yang stabil.

 

  1. Ketahui sejarah medis keluarga

Langkah ini adalah langkah paling penting yang harus dilakukan selama kehamilan pertama. Ini membantu anda untuk mempelajari sejarah penyakit keturunan (jika memang ada) atau kelahiran abnormal yang mungkin saja pernah terjadi di keluarga anda. Informasi seperti ini akan mempersiapkan diri anda sendiri untuk berbagai kemungkinan yang mungkin saja bisa terjadi.

 

  1. Lakukan vaksin

Setelah beberapa kali pertemuan dengan dokter kandungan, dokter akan menginformasikan bahwa anda membutuhkan vaksin. Vaksinasi akan mencegah anda dari berbagai penyakit di awal kehamilan.

Perlu diingat, beberapa penyakit yang muncul pada masa awal kehamilan bisa menjadi hal yang serius untuk kesehatan ibu dan janin. Jika anda pernah mendengar mitos bahwa ibu yang sedang hamil tidak boleh divaksin karena berisiko terhadap bayi, ini adalah mitos yang harus anda lupakan.

Masa awal kehamilan menjadi masa yang paling penting. Seorang wanita yang sedang mengandung membutuhkan kesehatan yang maksimal agar kondisi ibu dan anak sehat hingga masa kelahiran tiba. Penting untuk mengetahui hal-hal wajib apa saja yang harus dilakukan di masa awal kehamilan, dan bagi Anda yang sedang program hamil, pastikan jangan sampai konsumsi obat pencegah kehamilan seperti Postinor, dan tetap jaga kesehatan, hindari rokok dan stress.

Related Posts