Kiat Sukses Memulai Bisnis Franchise

by cs_angpao78
0 comment

ANGPAO.IDKiat Sukses Memulai Bisnis Franchise – Sebelum bicara lebih jauh agar sukses dalam berbisnis franchise, mungkin ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu franchise/waralaba. Franchise merupakan suatu bentuk perjanjian kerja sama dimana pemberi waralaba (franchisor) memberi ijin kepada penerima waralaba (franchisee) untuk menggunakan hak intelektualnya termasuk nama, merek dagang produk dan jasa, dan sistem operasi usahanya. Sebagai timbal baliknya, penerima waralaba membayar suatu jumlah yang seperti franchise dan royalty fee atau lainnya. (Peraturan Pemerintah No 16 tahun 1997 tgl 16 Juni 1997).

Jadi secara sederhana, kita mendapatkan hak menggunakan nama sebuah brand yang sudah dikenal oleh masyarakat beserta segala fasilitasnya, untuk berdagang dan mendapatkan keuntungan. Karena anda sudah memakai nama brand terkenal tersebut, anda harus membayar royalti kepada pemilik brand atau merk tersebut. Di satu sisi,  bisnis franchise ini sangat menguntungkan anda karena bisnis ini memiliki manajemen yang telah terbangun, produk dan merek sudah dikenal masyarakat, manajemen financial lebih tertata, serta produk dan peralatan sudah disedikan. Singkat kata, anda tinggal berdagang saja.

Yang namanya bisnis pasti memiliki resiko, demikian halnya dengan bisnis franchise ini. Terkadang reputasi brand yang baik tidak menjamin anda bisa mendapatkan keuntungan yang sama besar dengan pemilik brand atau dengan franchisee yang lain. Salah satu Kiat Sukses Memulai Bisnis Franchise yang paling menentukan adalah faktor lokasi anda berbisnis. Dalam kebanyakan model bisnis, lokasi sangat berpengaruh terhadap omzet dan laba anda.

Berikut beberapa tips dalam memilih lokasi franchise

1. Pilih tempat yang ramai atau padat penduduk.

Walaupun anda tinggal di kota besar, anda harus pintar dalam menentukan lokasi yang akan menjadi tempat anda berbisnis. Yang pasti berlaku istilah Beda lokasi, beda pendapatan.

2. Kesejahteraan Penduduk. 

Daerah yang ramai tidak selamanya potensial untuk menjadi lahan pasar anda. Lakukan riset tingkat pendapatan di daerah yang anda akan tempati berbisnis franchise

3. Jumlah Usaha.

Jika sudah banyak yang berbisnis dengan model yang sama dengan anda di suatu tempat, hindari tempat tersebut. Ini karena anda akan sulit bersaing dengan pemain yang sudah lama berada di situ

4. Tempat.

Tanya ke franchisor, apakah franchise yang sukses berada di dalam mall atau bagian yang terpisah dari mall. Dari situ, Anda bisa menentukan gerai franchise harus berupa stand atau bangunan sendiri.

5. Mudah Terlihat.

Pastikan tempat anda berbisnis mudah terlihat oleh orang yang berlalu lalang di sekitar anda.

6. Pusat Kedatangan.

Pilih tempat yang menjadi pusat kedatangan dan lalu lalang orang. Jika Anda pilih buka gerai di dalam mall, pusat lalu lalang terbaik di outlet makanan (food court). Bila berada diluar mall tempat terbaik berada di seberang jalan. Ada juga tempat yang tingkat lalu lalangnya tinggi misalnya rumah sakit atau kampus.

7. Penampilan. 

Pastikan tempat bisnis anda selalu terlihat bersih rapi dan menarik. Ini akan menarik minat orang yang lalu lalang di sekitar tempat anda. Selain itu, konsultasikan dengan franchisor tentang lokasi yang strategis dan harga sewa lebih murah.

Demikianlah tadi beberapa Kiat Sukses Memulai Bisnis Franchise yang dapat anda jadikan acuan sebelum terjun untuk berbisnis franchise. Pilihlah produk franchise populer dan sesuai dengan target pasar konsumen yang akan anda bidik. Salam sukses selalu untuk anda!!.

Related Posts