Manfaat WhatsApp API Untuk Bisnis

WhatsApp Business API adalah fitur dari WhatsApp yang memungkinkan bisnis meningkatkan skala marketing yang mereka miliki.

Apa tujuan API? API digunakan oleh bisnis untuk membuat aplikasi dan fitur dalam WhatsApp, yang dapat digunakan untuk tujuan pemasaran atau sebagai perpanjangan dari produk atau layanan yang ada.

Ini juga memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi dan fitur di dalam WhatsApp tanpa harus mendapatkan lisensi dari WhatsApp.

WhatsApp Business API adalah fitur baru yang diperkenalkan oleh Whatsapp pada Mei 2018.

Fitur ini dibuat sebagai cara untuk memperluas kemampuan platform WhatsApp dan menarik lebih banyak pengguna untuk meningkatkan pendapatan.

WhatsApp menawarkan beberapa fitur yang membantu dalam mencapai ini seperti mengirim pemberitahuan push, mengirim pesan ke grup, dan mendapatkan informasi tentang pengguna.

Ada beberapa fitur unggulan di WhatsApp API, diantaranya:

  1. Dapat digunakan untuk mengirim pemberitahuan push ke sejumlah pengguna.
  2. Dapat mengirim pesan ke grup dan mendapatkan metadata (nama, deskripsi) dari setiap grup.
  3. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang ID WhatsApp atau nomor telepon pengguna.
  4. Anda dapat menggunakan API ini di situs web Anda atau aplikasi sisi klien lainnya untuk mengirim dan menerima pesan dari situs web Anda.

Mengapa Bisnis Anda Perlu Menggunakan WhatsApp API

Dengan adanya API sebuah bisnis dapat menggunakan API WhatsApp untuk membuat saluran komunikasi mereka sendiri.

Bisnis juga dapat menggunakannya untuk membuat platform layanan pelanggan baru, sesuai dengan kebutuhan yang di miliki bisnis tersebut.

WhatsApp API memberikan sejumlah manfaat untuk bisnis, seperti:

  • Kemampuan untuk membuat platform layanan pelanggan mereka sendiri, integrasi dengan media sosial, akses ke informasi pribadi, dan analitik pada interaksi obrolan.
  • Kemampuan untuk terlibat dengan pelanggan dengan cara yang lebih interaktif yang dipersonalisasi, membuat layanan pelanggan lebih efektif.
  • Kemampuan desain yang dapat diskalakan, memungkinkan bisnis mengembangkan basis pelanggan mereka dengan cepat, dan dengan sedikit usaha.

API Memungkinkan Bisnis Membangun Chatbot di WhatsApp

Chatbot adalah cara baru untuk berinteraksi dengan bisnis. Mereka digunakan untuk menyediakan layanan pelanggan, meningkatkan kampanye penjualan dan pemasaran, dan mengotomatisasi tugas. Chatbot memiliki beberapa manfaat dibandingkan interaksi manusia.

Pada artikel ini, kami akan mengeksplorasi manfaat menggunakan chatbot untuk bisnis Anda dan cara membuat chatbot yang sukses dengan WhatsApp. Kami juga akan membahas berbagai jenis chatbot dan bagaimana mereka dapat diimplementasikan ke dalam bisnis Anda.

Chatbot adalah cara baru untuk berinteraksi dengan bisnis yang dengan cepat menjadi salah satu cara paling efektif untuk menyediakan layanan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan mengotomatiskan tugas. Mereka memiliki beberapa manfaat dibandingkan interaksi manusia seperti:

  1. Biaya lebih rendah
  2. Tidak perlu pelatihan atau pengawasan
  3. Tidak perlu jam kantor atau karyawan yang istirahat di siang hari
  4. Kemampuan untuk melakukan percakapan dengan banyak pelanggan secara bersamaan
  5. Tidak perlu pemeriksaan latar belakang atau nomor jaminan sosial

Lima Hal yang bisa di tangani oleh Chatbot adalah sebagai berikut:

  1. Layanan pelanggan
  2. Pemasaran
  3. Keterlibatan pelanggan
  4. Penjualan dan perolehan prospek
  5. Manajemen prospek

Manfaat Membangun Aplikasi untuk Bisnis Anda Dengan Mitra API Whatsapp Business yang Ada

Cara paling tepat untuk mengintegrasikan API WhatsApp adalah dengan berpartner dengan WhatsApp Business API Solution Provider atau mitra resmi yang telah mendapatkan licensi langsung dari pihak WhatsApp.

Kelebihan menggunakan mitra API bisnis WhatsApp adalah anda dapat membangun aplikasi anda tanpa harus khawatir tentang teknis, karena penglaman yang telah dimiliki dan dukungan tenaga teknis yang memadai.

Salah satu mitra resmi WhatsApp di Indonesia adalah Botika.

Botika telah membantu banyak banyak untuk membangun system komunikasi yang lebih baik antara perusahaan dengan pelanggan. Anda bisa menghubungi Botika untuk mendiskusikan kebutuhan bisnis anda.

error: Content is protected !!