Mudahnya Syarat Deposito Bank HSBC, Yuk Intip Ketentuannya Sebelum Menyimpan Dana

by cs_angpao78
0 comment

Syarat Deposito – Siapa orangnya yang tak mengenal deposito? Tentu siapapun pasti tahu deposito merupakan salah satu bentuk investasi atau produk simpanan bank. Hanya saja yang menarik masyarakat untuk menyimpan uang mereka di deposito, yang pertama adalah bunga yang ditawarkan.

Biasanya bunga yang ditawarkan deposito lebih besar daripada bunga yang ditawarkan bank untuk tabungan biasa. Selain itu, semakin besar dan lama Anda menyimpan uang di deposito, maka bank akan semakin besar pula memberikan bunga untuk simpanan deposito yang Anda miliki.

Walau demikian, dalam menyimpan dan menarik dana deposito tersebut, Anda  hanya bisa melakukan di waktu tertentu saja. Dan sayangnya, tidak semua orang ternyata bisa menyimpan uang mereka di deposito, beberapa bank punya syarat tertentu, seperti yang dilakukan Bank HSBC Indoneisa. Berikut syarat deposito yang berlaku di bank tersebut.

 

Batasan Usia

Berdasarkan syaratnya, seseorang yang ingin menyimpan uangnya dalam bentuk  deposito di bank, dimulai dari usia 18 tahun hingga maksimum 65 tahun. Ini merupakan syarat umum dan mutlak yang ada di setiap bank di Indonesia bahkan diseluruh dunia.

Jadi, bagi Anda yang masih berusia remaja 12-17 tahun atau Anda yang mungkin ingin membuatkan deposito untuk anak yang masih berusia balita, hal ini jelas belum bisa dilakukan. Solusi lain adalah mungkin pihak bank akan memberikan alternatif simpanan pilihan yang lain, selain simpanan deposito.

 

Memiliki Rekening Tabungan

Syarat deposito lainnya adalah orang tersebut harus sudah menjadi nasabah, dalam artian ia telah memiliki rekening tabungan, sebelum akhirnya ia memutuskan untuk menyimpan dananya di simpanan deposito.

 

Memenuhi Minimum Setoran

Untuk syarat selanjutnya, ia juga harus memenuhi syarat minimum setoran. Untuk Bank HSBC Indonesia, syarat minimum setorannya untuk simpanan deposito berjangka adalah 50 juta. Syarat ini tentu akan berbeda dengan bank-bank lain yang juga punya produk simpanan yang sama.

 

Nasabah Harus Memiliki Pekerjaan

Syarat deposito yang masih berkaitan dengan syarat sebelumnya dan merupakan salah satu syarat utama adalah nasabah tersebut harus memiliki pekerjaan. Jadi tidak mungkin seorang anak yang masih sekolah dengan usianya yang kurang dari 18 tahun sudah memiliki uang sebesar 50 juta untuk di depositokan.

Jikalau memungkinkan pula, dikarenakan anak tersebut menerima hadiah dari prestasi yang dimilikinya, tetap nama orang tuanya yang akan dipakai oleh bank, karena orang tuanya yang telah bekerja dan memiliki pekerjaan.

 

Menyiapkan Biaya-biaya Sesuai Ketentuan

Beberapa biaya tambahan ketika Anda ingin membuat simpanan deposito selalu ada. Namun hal ini berbeda di setiap bank, dan untuk bank HSBC Indonesia, biaya-biaya tambahan lainnya adalah biaya penarikan awal, biaya permintaan pernyataan tambahan, biaya administrasi dan biaya materai.

 

Mengisi Formulir

Masih merupakan syarat deposito yang utama adalah Anda wajib mengisi formulir aplikasi permohonan simpanan deposito. Hal ini agar data Anda dapat direkap dengan baik oleh pihak bank.

Menyiapkan Berkas-berkas yang Diperlukan

Selain mengisi formulir, syarat terakhir adalah Anda juga wajib menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai dokumen tambahan untuk pihak bank.

Berkas yang biasa diminta pihak bank adalah fotokopi KTP, fotokopi NPWP, atau jika Anda membuka simpanan deposito atas nama perusahaan, maka Anda wajib melengkapinya dengan fotokopi akte pendirian perusahaan.

Demikian beberapa syarat deposito yang umum dan khusus yang biasa diberikan bank kepada nasabahnya yang ingin membuat simpanan deposito. Apakah Anda mulai berminat untuk menyimpan uang di simpanan deposito?

 

Related Posts