Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal Modal Kecil Untung Banyak

by Evan Mulyana
0 comment

ANGPAO.ID – Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal Modal Kecil Untung Banyak Bagi masyarakat yang ada di Indonesia sepertinya menjadi sebuah anugerah dari Tuhan kepada hambaNya, dikarenakan di Indonesia untuk masalah peluang bisnis Agro atau agribisnis menjadi sebuah peluang usaha yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Banyak sekali peluang usaha yang saat ini sudah mulai bermunculan di beberapa wilayah di tanah air seperti usaha tanaman, usaha peternakan dan usaha perikanan yang ternyata tumbuh dan berkembang baik di Indonesia. Sehingga tidak salah apabila usaha budidaya ikan bawal menjadi salah satu usaha yang dapat Anda pilih dikarenakan hanya mengeluarkan modal kecil akan tetapi untung yang banyak.

Salah satu usaha yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda lakoni yaitu sebuah peluang usaha budidaya ikan bawal dikarenakan budidaya ini hanya memerlukan modal kecil akan tetapi untungnya sangat banyak. Bisnis yang bisa dilakukan oleh siapapun ini jika melihat dari sisi investasi maka cenderung sangat memikat dan sangat bagus, dikarenakan usaha ikan bawal tidak harus membutuhkan banyak usaha untuk proses produksinya akan tetapi anda dapat untung yang banyak dengan modal yang kecil.

Usaha ikan bawal memang tidak sepopuler dengan usaha budidaya ikan lele ataupun ikan gurame, akan tetapi persaingan dipastikan akan lebih sedikit dan sekarang ini sudah banyak digeluti oleh masyarakat terutama di pedesaan dalam usaha budidaya ikan bawal. Untuk rasa ikan bawal sendiri mirip dengan ikan gurame akan tetapi harganya lebih murah sehingga sangat cocok untuk Anda coba di budidayakan.

Ikan bawal bisa menjadi jenis ikan substitusi di pasar akan tetapi banyak dicari dan kabarnya, sekarang ini ikan bawal sudah banyak disukai oleh masyarakat dan banyak yang mencari sehingga untuk dibisniskan, budidaya ikan bawal sangat direkomendasikan.

Kelebihan budidaya ikan bawang

Di bawah ini ada beberapa kelebihan Kenapa kami merekomendasikan untuk anda semua melakukan budidaya ikan bawal diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ikan bawal dipastikan lebih cepat tumbuh besar sehingga untuk masa panen tidak akan memerlukan waktu yang lama
  2. Jenis ikan bawal merupakan jenis ikan yang sangat bandel dan tahan dari serangan penyakit walaupun mereka berada di lingkungan yang tidak baik
  3. Ikan bawal termasuk jenis omnivora atau pemakan segalanya sehingga untuk masalah makanan ikan bawal ini sangat mudah
  4. Untuk rasa daging ikan bawal tetap enak dan gurih dengan tekstur yang lumayan lembut dan mirip dengan ikan gurame.

Tips usaha budidaya ikan bawal

Setelah anda mengetahui kelebihan dari ikan bawal sendiri, maka di bawah ini ada beberapa tips bagaimana cara usaha budidaya ikan bawal dengan modal kecil yang dapat kalian coba.

  • Misalnya saja anda mempunyai 1 kolam untuk budidaya ikan bawal dan kolam tersebut mempunyai ukuran besar, maka anda bisa mencoba untuk menyebarkan bibit sampai 1000 ekor dan selanjutnya dari proses penebaran benih tersebut nantinya anda akan panen sampai 120 kg.
  • Untuk harga bibit ikan bawal sendiri biasanya dijual sekitar Rp20.000 per kilo atau sama dengan 1000 ekor. Sehingga untuk pasca panen 1 kilo ikan bawal bisa dijual dengan harga Rp20.000/kg dan andapun bisa mendapatkan omset perkiraan Rp 2,4 jutaan.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya ikan bawal maka yang harus anda perhatikan yaitu rajin membersihkan kolam setelah panen sebelumnya, selanjutnya dikeringkan setidaknya 5 hari dan selanjutnya anda bisa mengisi air kembali dan Diamkan selama 5 hari di mana selama 5 hari tersebut Anda dapat kembali mengembalikan biota dalam air supaya nantinya membantu pertumbuhan ikan kecil menjadi besar.
  • Dari beberapa para pengusaha budidaya ikan bawal mereka biasanya akan memasukkan asupan di daunan jenis tertentu seperti talas dan kangkung cincang supaya membuat ikan bawal mempunyai bobot yang lebih berat dan bagus untuk kiloan panen. Malahan daun kangkung dan daun talas dari dulu dipercaya memberikan kesehatan tersendiri untuk ikan.
  • Apabila sudah panen maka yang harus anda lakukan yaitu melakukan promosi atau melakukan kerjasama supaya ikan bawal hasil budidaya dapat dijual dengan baik dan diterima oleh produsen. Anda bisa bekerja sama dengan beberapa restoran dan jumlah pedagang kaki lima untuk menyalurkan ikan bawal hasil budidaya anda.

Related Posts