Ragam Kegunaan Mesin Reverse Osmosis dalam Kehidupan Sehari-hari

Ketersediaan air bersih kini bisa dikatakan cukup memprihatinkan. Pasalnya, banyak sumber air yang sudah kotor dan tercemar oleh bahan-bahan berbahaya. Maka dari itu, perlu dicarikan solusi untuk membersihkan air dari kandungan-kandungan pencemar. Terkait hal itu, alternatif yang tepat bisa dengan menggunakan mesin reverse osmosis atau biasa disebut RO.

Pada prinsipnya, mesin reverse osmosis berfungsi untuk menyaring berbagai zat yang terkandung dalam air. Output dari proses penyaringan ini akan menghasilkan air murni. Banyak sekali kegunaan dari mesin reverse osmosis dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran apa saja kegunaan dari mesin reverse osmosis tersebut?

1. Mendapatkan Air untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, air merupakan kebutuhan pokok sehari-hari. Mengingat begitu pentingnya ketersediaan air, maka dengan hadirnya teknologi reverse osmosis ini akan sangat membantu. Proses pengolahan air dalam skala rumah tangga akan menghasilkan air minum tanpa dimasak terlebih dahulu.

Tentu saja hal itu akan memudahkan terpenuhinya ketersediaan air. Terlebih lagi, akan menghemat pengeluaran dan pastinya aman untuk dikonsumsi. Untuk skala kecil rumah tangga, pada umumnya memakai Dispenser RO dan Undersink.

2. Penyulingan Menjadi Air Minum Isi Ulang Maupun Kemasan

Mesin reverse osmosis juga berguna bagi masyarakat yang ingin membuka peluang bisnis. Minuman isi ulang dianggap lebih praktis, sehingga banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Demikian pula dengan air minum kemasan yang biasanya dibutuhkan dalam acara-acara tertentu.

Sebetulnya, prinsipnya hampir sama, air biasa dimurnikan hingga menghasilkan air murni yang memiliki kualitas lebih baik. Namun, pada umumnya sebelum itu diharuskan menggunakan air sulingan pertama yang dapat diperoleh dari pabrik air minum. Barulah setelah itu, dapat dilanjutkan pemurnian air dari mesin reverse osmosis biasa.

3. Sebagai Penghasil Air Bahan Baku Industri

Di dunia industri yang banyak dijumpai menggunakan mesin chiller, mesin boiler, dan mesin water cooler cenderung lebih memilih memakai air murni. Pasalnya, air murni tersebut sudah melalui beberapa rangkaian proses. Maka, diperoleh air yang tidak mengandung berbagai komponen berbahaya.

Komponen berbahaya yang terkandung dalam air dapat berpotensi merusak mesin-mesin produksi tersebut. Bahkan, bisa juga berimbas pada bahan baku industri. Seperti misalnya zat kapur dan beberapa jenis logam berat yang dapat mempengaruhi mesin industri tersebut.

4. Desalinasi untuk Air Payau dan Air Laut

Ketersediaan air murni dapat diambil dari air payau maupun air laut. Desalinasi ini dianggap cukup aman dan ramah terhadap lingkungan. Mesin reverse osmosis dapat menghilangkan kandungan garam yang terlarut dalam air.

Hasil desalinasi berupa air murni. Menariknya lagi, biaya yang dikeluarkan untuk mengolah air payau dan air laut menjadi air murni lebih efisien dibandingkan mesin destilasi. Tidak perlu diragukan lagi, air murni hasil desalinasi termasuk layak untuk dikonsumsi.

5. Berguna untuk Demineralisasi Air

Demineralisasi merupakan upaya untuk memurnikan kandungan air dari ion-ion mineral menggunakan mesin ion exchange. Demineralisasi pada umumnya digunakan untuk industri di bidang farmasi, Pembangkit Listrik Tenaga Uap, dan juga industri semikonduktor. Teknik demineralisasi memakai mesin reverse osmosis dengan standar yang tinggi.

Itulah sepenggal ulasan mengenai kegunaan dari mesin reverse osmosis di dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja dengan kandungan yang terdapat air murni sudah teruji secara klinis, maka dipergunakan pun akan semakin aman. Mengingat air merupakan kebutuhan pokok yang setiap hari dikonsumsi dan dipergunakan.

error: Content is protected !!