Sudah Tahu Caranya Membuat Podcast Di Anchor?

Saat ini podcast tengah ngetren di kalangan insan kreatif. Lewat podcast, kita bisa membicarakan apa pun, mulai dari pemikiran personal kita, hingga hal-hal yang berkaitan dengan hobi kita. Membuat podcast sendiri tidaklah sulit. Apalagi, setelah hadirnya sejumlah aplikasi pembuat podcast.

Cara Membuat Podcast Di Anchor

Salah satu aplikasi pembuat podcast yang populer adalah Anchor. Membuat podcast di aplikasi itu tidaklah sulit. Adapun langkah-langkah untuk melakukannya adalah:

1. Unduh Dan Buatlah Akun Anchor-mu

Unduh dan install Anchor via Apple App Store ataupun Google Play Store. Pastikan ponselmu bisa mengakses dua layanan tersebut.

Setelah itu, buatlah akun Anchor-mu. Bila ingin lebih mudah, kamu klik menu “Continue with Google” dan buatlah akun Anchor-mu lewat akun Google-mu.

2. Pilihlah Salah Satu Pilihan Yang Disediakan Anchor

Akan ada dua pilihan yang disediakan Anchor, setelah akun Anchor-mu telah jadi. Keduanya adalah “I Want to Make New Podcast” dan “I Have Podcast I Want to Import”. Pilihan pertama bisa kamu pakai bila kamu belum punya rekaman podcast dan ingin rekaman podcast langsung di Anchor.

Adapun pilihan yang kedua dipakai bila kamu sudah punya rekaman podcast dan hendak diunduh ke Anchor.

3. Rekam Langsung Podcast-mu

Cara ini dilakukan bila kamu memilih pilihan pertama. Untuk melakukannya, kamu tinggal pencet tombol “record” dan rekam podcast-mu selama mungkin. Kamu bisa pencet tombol “stop” bila kamu sudah selesai rekaman.

Kamu pun juga bisa memencet tombol “Flag” bila ada bagian yang menurutmu salah atau harus diedit. Bagian yang kamu “Flag” itu nantinya bisa kamu hapus atau edit, sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Tambahkan Musik Latar Ke Podcast-mu Bila Dirasa Perlu

Jika kamu selesai rekaman, Anchor akan menampilkan preview yang berisi hasil rekamanmu. Jika kamu mau, kamu bisa menambahkan musik latar di rekaman tersebut dengan klik menu “Add Bacground Music”.

Akan ada sejumlah koleksi musik dari Anchor bila kamu klik menu tersebut. Klik “play” untuk mendengarkan musik-musik tersebut. Bila salah satu di antaranya yang cocok, kamu tinggal klik tanda “+” yang ada di samping kanan musik tersebut.

Kalau sekiranya kamu enggan menambahkan musik latar ke podcast-mu, maka kamu bisa langsung melakukan cara di bawah ini.

5. Beri Judul Dan Deskripsi Pada Podcast-mu

Berilah judul yang menarik pada podcast buatanmu. Setelah itu, tekanlah menu “Add Recording to Episode”. Bila Anda ingin langsung mem-publish podcast buatanmu, langsung saja klik menu “Publish” yang ada di kanan atas.

Akan muncul sejumlah keterangan kosong setelah kamu klik menu tersebut. Isi semua keterangan kosong tersebut. Mulai dari judul podcast, hingga deskripsi singkat dari podcast-mu. Kalau kamu berencana membuat podcast berformat episode, kamu mesti tambahkan jumlah episode pada judul podcast-mu. Misalnya: Rocketship Podcast Episode 1.

6. Terbitkanlah Podcast-mu!

Sesuai mengisi semua keterangan di atas, kamu bisa menerbitkan podcast buatanmu. Bila ingin langsung diterbitkan saat itu juga, kamu bisa klik “Publish Now”.  Bila ingin menerbitkannya di waktu-waktu tertentu, kamu bisa klik “Change Pubish Date” dan atur kapan podcast-mu bakal diterbitkan.

Sekian cara membuat podcast di aplikasi Anchor. Semoga bisa kamu praktekkan saat nanti membuat podcast, Untuk tips dan info menariklainya bkamu bisa kunjungi https://www.sadapwa.com/ ya. Ngomong-ngomong soal podcast, kira-kira podcast apa nih yang sering kamu dengar? Yuk ceritakan ke kami via kolom komentar!

error: Content is protected !!