Tips Mengelola Keuangan UMKM Supaya Tidak Bangkrut

by Evan Mulyana
0 comment

ANGPAO.ID – Tips Mengelola Keuangan UMKM Supaya Tidak Bangkrut Usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM menjadi salah satu cara bisnis yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus memandang status ataupun lainnya dan saat ini untuk UMKM sendiri sudah banyak ditemukan di beberapa daerah di tanah air. Sejalannya waktu, usaha kecil menengah ini memang sudah sangat populer dan mempunyai pangsa pasar yang luas malahan sudah bisa melakukan impor ke luar negeri, akan tetapi terkadang ada juga dari para UMKM yang harus gigit jari dikarenakan usahanya malah gulung tikar alias bangkrut dan penyebab utama nama dari kebangkrutan tersebut dikarenakan masalah pengelolaan keuangan UMKM yang tidak baik dan benar.

Bagi anda semua yang saat ini sedang berusaha dengan usaha mikro kecil dan menengah maka sangat direkomendasikan untuk membaca artikel kami terkait tips mengelola keuangan UMKM supaya tidak bangkrut dikarenakan kebanyakan di era zaman sekarang ini, hal yang mengakibatkan banyaknya usaha kecil menengah yang tidak berhasil alias bangkrut dikarenakan masalah manajemen keuangan yang porak-poranda alias tidak baik. Oleh karena itu, supaya usaha anda tetap jalan dan menghasilkan pundi-pundi uang makan dalam masalah keuangan itu sendiri.

Pengelolaan keuangan wajib dilakukan oleh anda semua yang sedang berusaha mulai dari masalah pencatatan arus kas yang masuk dan keluar, mencatatkan arus modal keluar. Mencatatkan penjualan dan pemasukan sampai utang piutang dalam masalah UMKM dan hal ini menjadi sesuatu yang penting.

Tips Mengelola Keuangan UMKM Supaya Tidak Bangkrut

Di bawah ini adalah beberapa tips dalam pengelolaan keuangan bagi UMKM agar mereka tidak mengalami kebangkrutan dalam usahanya dan untuk dirinya sendiri adalah sebagai berikut:

Menghindari membelanjakan modal

Tips pertama yang harus anda perhatikan sebagai pengusaha mikro kecil dan menengah ya itu harus diperhatikan apabila modal yang anda miliki jangan sampai dibelanjakan walaupun dalam keadaan anda terdesak. Pasalnya kebanyakan UMKM yang mengalami bangkrut yaitu dikarenakan mereka suka tidak bisa mengontrol untuk uang modal yang seharusnya disimpan untuk modal selanjutnya malah dibelanjakan sehingga ketika akan bukamodal baru, uang sudah tidak ada.

Harus rajin mencatat keuangan

Untuk mencatat keuangan dalam usaha mikro kecil dan menengah menjadi sesuatu yang wajib untuk dilakukan apabila anda ingin mempunyai usaha yang yang meningkat dan tidak bangkrut. Lakukanlah pencatatan keuangan anda dengan sederhana atau profesional seperti salah satunya Anda bisa memisahkan mana uang modal dasar dan mana uang keuntungan yang anda peroleh dan selanjutnya Buatlah sebuah catatan transaksi yang lain.

Menghindari besar pasak daripada tiang

Ternyata peribahasa ini sangatlah penting bagi para pengusaha UMKM agar usaha mereka tetap maju di mana ketika pendapatan sedikit akan tetapi pengeluaran besar maka dipastikan hal ini akan membuat usaha anda bangkrut. Oleh karena itu, bersikaplah disiplin dalam pengelolaan modal dasar dan selalu menjaganya supaya tidak dibelanjakan.

Selalu baik dengan karyawan

Menjadi seorang pengusaha UMKM yang sudah mempunyai karyawan maka hal yang sangat penting Yaitu mengambil hati Karyawan supaya bisa bekerja dengan baik dan menurut kepada anda selaku pemilik perusahaan maka caranya yaitu dengan berbuat baik kepada karyawan dan anda bisa meningkatkan Sisi sosial terhadap mereka.

Berikanlah gaji sesuai dengan waktu yang telah disepakati, apabila ada pemasukan yang lebih besar maka berikanlah tunjangan untuk karyawan sehingga mereka bisa nyaman bekerja bersama anda.

Itulah penjelasan kami tentang tips mengelola keuangan UMKM supaya tidak bangkrut dan usaha anda pun semakin maju. Semoga artikel yang kami tulis pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda semua dan selamat mencoba.

Related Posts